Manfaat RPA Bagi Perusahaan

Manfaat RPA bagi perusahaan.

RPA bekerja paling baik dengan tugas reguler berbasis aturan dan membutuhkan input manual. Pendekatan RPA adalah untuk merampingkan proses internal.

Menurut Prof Leslie Willcocks, Professor of Technology Work and Globalization and governor of the Information Systems and Innovation Group at the London School of Economics, dari hasil penelitiannya yang disajikan di laporan penelitian McKinsey, disampaikan bahwa Return of Investment (ROI) implementasi RPA di perusahaan bervariasi

berkisar antara 30% sampai dengan 200% pada tahun pertamanya.

Namun Prof Leslie Willcocks menyampaikan bahwa adalah salah untuk berpikir bahwa mengimplementasi RPA ditujukan untuk mencapai manfaat jangka pendek. Ada beberapa manfaat atau keuntungan yang akan didapatkan perusahaan setelah mengimplementasikan RPA yaitu:

1. Reduce Cost: dengan mengotomasi tugas-tugas rutin karyawan, RPA akan mencapai penghematan biaya operasional mencapai 30% diatas output produktivitas yang dihasilkan karyawan. Software robot harganya juga lebih murah dibandingkan karyawan yang bekerja full time. 2. Better customer experiences: dengan mengimplementasikan RPA akan memberikan manfaat nyata bagi sumber daya perusahaan untuk tetap fokus pada kepuasan pelanggan.

3. Lower operational risk: RPA akan membantu perusahaan untuk menurunkan resiko human error yang terjadi karena kurangnya pengetahuan dalam mengoperasikan sistem.

4. Improved internal processes: RPA akan membantu perusahaan untuk meningkatkan proses pelaporan menjadi lebih cepat, onboarding employee lebih cepat dan kegiatan internal lainnya. Dengan meningkatkan kemampuan robot melalui Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning (ML) maka perusahaan akan dipaksa untuk mendefinisikan prosedur tata kelolanya dengan jelas.

5. Productivity: dibandingkan dengan manusia robot dapat menyelesaikan pekerjaannya 5x lebih cepat dibandingkan manusia. Robot bekerja 24/7, tidak ada cuti, sakit ataupun tidak dapat masuk karena berbagai alasan.

6. RPA tidak menggantikan sistem IT legacy yang berjalan saat ini, namun dengan RPA akan meningkatkan sistem IT yang ada.

Posting Komentar

0 Komentar