Apa itu Pump Priming ?

apa itu pump priming?

Ketika pompa dalam kondisi mati maka bagian dalam pompa hanya terisi sebagian dengan air, sisa ruang yang tersedia terisi udara. Ketika pompa dihidupkan air dan udara di dalam pompa akan bergerak bersama di dalam pompa sehingga densitas cairan yang dihasilkan berkurang, tekanan vakum yang cukup tidak dapat dihasilkan sehingga akan menyedot cairan yang akan diangkut.

Udara harus dibuang dengan mengisi pompa yang terisi sebagian dengan air sampai semua ruang yang tersedia terisi air. Proses ini disebut priming pompa dan dilakukan sebelum pompa dihidupkan untuk segala jenis operasi.

Jika pompa tidak diberi prima sebelum dihidupkan maka akan mengakibatkan kegagalan fungsi pompa. Pompa yang tidak berfungsi menyebabkan waktu henti pabrik yang berarti penundaan produksi.

Untuk menjalankan pompa utama, katup kunci yang akan dibuka adalah katup ventilasi. Udara mulai keluar dari katup ventilasi dan ketika cairan mulai keluar dari ventilasi, katup ditutup. Cairan yang keluar menunjukkan bahwa bagian dalam pompa terisi cairan.

Pompa dengan pemancing otomatis adalah pompa yang tidak membutuhkan pemancing otomatis. Mereka mencampur air dan udara dan ketika air campuran itu dikeluarkan dari sistem, pompa mulai beroperasi.

Posting Komentar

0 Komentar