Kesan Terhadap Video Ceramah Gus Muwafiq yang Viral

Assalamualaikum warahmatullahi wabaratuhkatuh dan salam sejahtera bagi kita semua...

Pada kesempatan kali kali ini saya sebagai penulis ingin memyampaikan kesan dan pendapat mengenai ceramah gus muwafiq yang diduga menghina nabi.

Dalam ceramah Gus Muwafiq mengisahkan kehidupan masa kecil Nabi Muhammad. Muwafiq menyebut Nabi lahir biasa saja. Muwafiq dalam ceramahnya juga menyebut Nabi saat kecil rembes karena ikut kakeknya.

Kesan saya mengenai ceramah ini biasa saja, saya memahami cara berdakwah gus muwafiq di kalangan anak muda agar isi ceramah mudah dimengerti dalam hal ini.

Mengenai ia di tuduh menghina nabi ?
Menurut saya jika di tuduh menghina nabi itu bukanlah tuduhan yang pantas, terlalu berlebihan.

Saya hanya bisa menyampaikan 1 kesalahan gus muwafik yaitu : ruang lingkup ceramahnya, pada video tersebut ruang lingkup gus muwafiq adalah publik dan dan pembukaan ceramah tidak diawali dengan target audiens, gus muwafiq seharusnya menjelaskan ia sampaikan untuk siapa dan untuk kalangan mana, karena video itu juga dapat ditonton oleh jutaan orang.

Demikian...
Hanya itu saja...
Saya tidak terkait partai ataupun ormas, saya saya tidak punya keingginan untuk berpihak kekiri ataupun kekanan, terima kasih sudah membaca kesan saya terhadap ceramah gus muwafiq yang viral, sampai ketemu lagi.

Posting Komentar

0 Komentar