TOMICA

Tomica (ト ミ カ) adalah miniatur kendaraan mainan die-cast yang diproduksi sejak 1970 oleh Takara Tomy Co. dari Jepang (sebelumnya dikenal sebagai Tomiyama dan Tomy Kogyo Incorporated) (Rixon 2005, 99). Tomica diecast adalah hasil dari Tomica World, sebuah miniatur mainan dari aksesoris kereta bermotor yang dibuat Tomy berdasarkan Plarail dan diproduksi sejak 1959 (Tentang Tomica 2013). Tomica dapat dianggap sebagai Miniatur kendaraan ala Jepang - tetapi berfokus terutama pada merek produk Jepang.
Jenis tomica:
Jenis2 Tomica
1. Tomica Domestic Series ("Black Box" / "Red & White Box")
Awalnya, Tomica hanya memproduksi mobil dan truk merek Jepang. Ini dimulai dengan merilis enam model pada tahun 1970. Ketujuh dikeluarkan akhir tahun ini. Sejak saat itu, garis Tomica tumbuh hingga ada 109 model bersamaan pada 1978 - nomor 1 hingga 108 dan juga nomor 110 (109 diusulkan, tetapi tidak pernah dirilis). Berbagai model juga diperluas dari coupe awal dan saloons ke taksi, bus, truk, konstruksi dan kendaraan komersial lainnya. Bahkan mesin uap dan kapal laut pun ditawarkan. Ketika model baru dikeluarkan, masing-masing diberi nomor hingga 110, menggantikan model yang ada.
2. Tukar ke InggrisTomica Foreign Series ("Blue & White Box" / "Pocket Cars")
Untuk bersaing di pasar mobil mainan global, Tomy sejak dini, memiliki rencana untuk mengekspor modelnya. Ini dilakukan mulai tahun 1974 dengan penampilan "Tomy Pocket Cars" di Kanada dan Amerika Serikat. Cara pemasarannya adalah paket blister yang dirancang seperti 'saku jeans' jeans dengan 'jahitan' kuning di sekitar bagian luar kartu dan kendaraan. Karena mobil Jepang belum booming penjual di luar negeri, pada tahun 1976 Tomy mulai memproduksi model 'asing' (non-Jepang). Hadir adalah mobil-mobil Amerika, Jerman, Italia, Inggris, dan Prancis, antara lain, menjadikan lini produk Tomica lebih global.
Sebagian karena Pocket Cars lebih mahal daripada Hot Wheels atau Matchboxes di pasar Amerika, seri blister pack ini tidak terlihat setelah 1979 (Johnson 1998, 233). Tomica terus berhasil, bagaimanapun, di pasar rumah, di mana setiap mobil asing dikemas dalam kotak gambar yang menunjukkan bendera negara asal mobil itu. Kotak-kotak itu sering tidak menunjukkan nomor mobil, tetapi bisa dilihat di pangkalan. Karena kotak-kotak ini memiliki warna dasar biru dan putih, mereka juga disebut model "kotak biru-dan-putih". Pada satu waktu, total 70 model diproduksi di bawah garis asing, bernomor F1 hingga F70.
3. Tomica Common Series ("Red-and-White Box")
Serangkaian penjualan umum di Jepang.
Pada tahun 1988, Tomy menggabungkan model asingnya ke dalam seri domestik. Sebagian besar dari 40 model pertama dari seri asing ditambahkan ke 80 model domestik. Model-model asing yang ditransfer itu diberi nomor yang nomor seri F-nya ditambah 80. Sejumlah model asing ini dihentikan setelah penampilan beberapa bulan di bawah garis baru. Secara keseluruhan sekitar setengah dari mereka telah dihentikan setelah dua tahun.
Apa kelebihannya:
1. Mobil diecast ini cukup detail dari segi bodynya bahkan warna catnya pun semakin detail sesuai mobil aslinya
2. Pintunya bisa buka tutup (sebagian masih belum bisa dibuka pintunya)
3. Memiliki suspensi (diecast lain belum tau)
4. Sangat pas untuk kolektor Tomica kelas menengah keatas.
Kekurangannya
1. Ga tahan banting (seri yang bisa buka tutup pintu)
2. Warnanya ga cerah
3. Pangsa pasarnya terbatas
4. Harganya mahal

Posting Komentar

0 Komentar