Mengapa ayam menyeberangi jalan ?

Ini pertanyaan lucu yg rutin jadi pertanyaan bahkan sering dijadiin teka-teki. Banyak sekali jawaban-jawaban konyol yg dipakai utk menjawab pertanyaan itu.
Sekarang aku akan mencoba menjawab pertanyaan ini dengan serius
Ayam menyeberangi jalan karena dia mau menuju ke sisi seberang jalan, sayangnya ayam gak bisa terbang jadi terpaksa dia harus menyebrangi jalan. Seberapapun kuatnya mengepakkan sayap, ayam paling-paling hanya bisa meluncur sebentar di udara dan mendarat lagi.
Ada hal menarik di sini, ayam sebenernya tidak masuk ke dalam anggota burung yg tidak bisa terbang (burung tuna terbang), seperti burung unta, emu, dan kasuari. Lunas dada burung tuna terbang tidak bisa menyokong otot-otot kuat yg dibutuhkan utk mengepakkan sayap sampai lepas landas (burung penguin adalah jenis lain burung tuna terbang yg "terbang" di dalam air). Burung tuna terbang kehilangan kemampuan terbang melalui evolusi, sementara ayam menjadi tidak bisa terbang akibat pembiakan selektif dalam jangka waktu lama, yg menjadikan mereka terlalu berat utk bisa lepas landas. Bagaimanapun peternak pasti tidak ingin ayam ternak yg mereka jaga baik-baik malah terbang ke tempat hangat waktu musim dingin. Leluhur ayam (ayam hutan merah yg sampai sekarang juga masih ada) tetap bisa terbang.

Posting Komentar

0 Komentar