Senin, 18 Juni 2018

Sejarah :
Tahukah Kalian klo Bhinneka Tunggal Ika itu berasal dari sebuah Puisi (Kakawin) yg berjudul Sutasoma (sutasoma sendiri sebenarnya merujuk kepada cerita seorang Bodisatwa atau calon Budha) karangan Empu Tantular. Empu Tantular sendiri sebenarnya seorang pujangga menantu adik raja Hayam Wuruk (Raja Majapahit).
Kalimat lengkapnya Bhinneka Tunggal Ika dari puisi Sutasoma adalah "Bhinnêka tunggal ika, tan hana dharma mangrwa" (Berbeda-beda manunggal menjadi satu, tidak ada kebenaran yang mendua)
Di jaman Majapahit sendiri merupakan masa keemasan Nusantara kuno (atau biasa di sebut Cakrawala Mandala Dwipantara) di jaman ini kekuasaan dan pengaruh Majapahit sampai ke Campa (indocina dekat vietnam sekarang), Thailand (itu sebabnya di thailand ada candi juga yg mirip dengan candi2 di jawa), Philipina, sampai Melaka di ujung barat dan Sulu dan banda di ujung timur.
Mungkin ada yg bertanya apa rahasia Majapahit di jaman nusantara kuno sampai bisa sebesar itu (bahkan melebihi nusantara modern alias Indonesia), alasanya adalah di jaman majapahit dulu mereka bisa menggabungkan dan menyatukan semua perbedaan terutama perbedaan agama dan ras.
Bahkan agama resmi kerajaan Majapahit itu unik yaitu Siwa Budha yg merupakan perpaduan agama hindu dan agama budha, bahkan di tempat kelahiran agama hindu dan budha di india sampai tibet gak ada yg berhasil menyatukan hindu dan budha, penyatuan hindu dan budha hanya terjadi di Majapahit. Itu sebabnya Majapahit bisa menjadi besar karena bisa menerima segala perbedaan dan menyatukannya bukannya malah mempermasalahkan perbedaan ini.
Kitab Sutasoma sendiri sebenarnya berisi ajaran toleransi antar agama. Itu sebabnya oleh faunding father kita kalimat Bhinneka Tunggal Ika dari puisi Sutasoma di jadikan moto negara Indonesia, yg bermakna : harapan suatu saat kelak Indonesia modern bisa seperti sebesar Majapahit kuno yg bisa menghargai perbedaan agama dan keyakinan.
BTW: uniknya moto "Bhinneka Tunggal Ika" indonesia yg berarti berbeda2 tapi tetap satu jua sangat mirip dengan moto Amerika serikat juga yg bernama "E pluribus unum" yg artinya juga from many to one.

0 Comments:

Posting Komentar

-Berkomentarlah yang baik dan rapi.
-Menggunakan link aktif akan dihapus.