Selasa, 06 Februari 2018

DirectX merupakan aplikasi yang diciptakan Microsoft yang berisi kumpulan API (Application Programming Interface) untuk menangani program yang berhubungan dengan multimedia, contohnya game atau program pengolah grafis, agar dapat bekerja lebih optimal dan efisien.

Aplikasi ini diperkenalkan pada tahun 1995 dan sekarang sudah menjadi standar untuk pengembangan aplikasi multimedia pada platform Windows.

Biasanya, nama DirectX lebih dikenal di kalangan gamer karena aplikasi ini merupakan syarat utama untuk menjalankan game di Windows. Kalau DirectX belum diinstall atau belum diupdate, maka otomatis game tidak bisa jalan dan akan memunculkan notifikasi error seperti ini

DirectX

Fungsi DirectX

Pengertiannya sudah, lalu apa fungsi DirectX sebenarnya? kenapa begitu penting? 

DirectX pada awalnya dibuat untuk memudahkan para programmer untuk membuat game, kala itu programmer harus menuliskan instruksi yang sama setiap kali ingin membuat game, misalnya instruksi untuk mengakses langsung video card, monitor, dan sound devices. 

Cara itu dinilai tidak efisien dan Microsoft menciptakan DirectX dengan tujuan agar programmer tak perlu capek-capek menuliskan instruksi yang sama setiap kali membuat game, namun cukup dengan menggunakan API yang telah disediakan di dalam DirectX. 

Itu adalah fungsi DirectX di mata programmer, lalu bagaimana fungsi DirectX di mata pengguna, seperti gamer?

DirectX berfungsi sebagai perantara hardware dengan sistem operasi, jadi dengan adanya DirectX, hardware yang dimiliki dapat dioptimalkan lebih baik ketika digunakan bermain game atau program lainnya. 

Semakin baru versi DirectX, semakin bagus pula pengoptimalan yang dilakukan. Namun ingat ya, DirectX ini fungsinya mengoptimalkan performa hardware, bukan meningkatkan. Semuanya memang tergantung hardware yang agan miliki.

Perbedaan DX versi lama dan baru :

game

Komponen DirectX

Seperti yang dijelaskan pada pengertian di atas, DirectX terdiri dari kumpulan API atau beberapa komponen, diantaranya adalah :
  • Direct3D
  • Direct2D
  • DirectDraw
  • DirectMedia
  • DirectInput
  • DirectWrite
  • DirectCompute
  • DirectX Diagnostics (DXDIAG)
  • DirectSetup
  • XACT3
  • XAudio2

Versi DirectX

DirectX versi 1.0 sudah ada sejak tahun 1995, nama rilisnya saat itu adalah Windows Games SDK. Dari namanya aja udah kelihatan kalau dari awal aplikasi ini memang sudah dikhususkan untuk game.

Selanjutnya, Microsoft terus mengeluarkan versi baru DirectX setidaknya setahun sekali sampai tahun 2002 (DirectX 4.0 adalah satu-satunya versi yang tidak dirilis Microsoft).

Pada tahun 2002 DirectX 9 dirilis, mungkin versi ini yang lebih familiar sama agan-agan daripada versi-versi sebelumnya. Mengapa? karena DirectX 9 menjadi versi minimum DirectX yang dibutuhkan untuk menjalankan game atau program saat itu, dan juga versi dibawah DirectX 9 sudah tidak bisa dipasang lagi di sistem operasi Windows 95 ke atas.

4 tahun kemudian Microsoft merilis DirectX 10, dilanjutkan dengan DirectX 11 pada tahun 2009 dan DirectX 12 pada tahun 2015 yang merupakan versi terbaru DirectX saat ini. Tentunya DirectX 12 sudah memiliki performa terbaik daripada versi pendahulunya.

Lalu, bagaimana cara untuk mengecek versi DirectX pada PC? Begini caranya.

Tekan tombol CTRL + R, akan muncul kotak RUN. Kemudian ketik DXDIAG lalu enter/klik OK.


run

Akan muncul DirectX Diagnostic Tool dan agan bisa lihat di bagian bawah ada versi DirectX PC agan.


dxdiag

Seperti itulah cara mengecek versi DirectX di Windows.

0 Comments:

Posting Komentar

-Berkomentarlah yang baik dan rapi.
-Menggunakan link aktif akan dihapus.