Pengertian API (Application Programming Interface)

API (Application Programming Interface) adalah sekumpulan perintah, fungsi, serta protokol yang dapat digunakan oleh programmer saat membangun perangkat lunak untuk sistem operasi tertentu. API memungkinkan programmer untuk menggunakan fungsi standar untuk berinteraksi dengan sistem operasi.

API (Application Programming Interface) dapat diterjemahkan kedalam bahasa indonesia menjadi Antarmuka pemrograman aplikasi, konsep API digunakan sebagai antarmuka software-to-software, bukan merupakan sebuah user interface. API memungkinkan sebuah aplikasi berbicara satu sama lain tanpa sepengetahuan pengguna.

Sebuah API dapat diimplementasikan dengan menulis sintaks dalam program yang menyediakan sarana untuk meminta layanan program tersebut. Sebagai contoh, facebook menyediakan API sehingga para pengembang website dapat mengintegrasikan komentar di websitenya langsung melalui komentar akun facebook si pengunjung, atau yang lebih spesifik lagi API facebook juga dapat digunakan untuk membuat fungsi auto post artikel ke facebook saat artikel di website ditambahkan. Semua ini dapat dilakukan karena facebook menyediakan program API untuk dapat mengakses sebagian atau beberapa fungsi dari program facebook. Begitu juga untuk API dari layanan lainnya seperti JNE, POS dst.

Posting Komentar

0 Komentar