Cara Mengetahui User(orang) Yang Online Dalam Suatu Jaringan Wifi

Wireless Fidelity atau yang disingkat Wifi adalah sebuah media nghantar komunikasi data nirkabel (tanpa kabel) yang enggunakan sinyal radio dengan frekuwensi tertentu. Wifi mampu memberikan akses internet cepat sesuai dengan ISP yang sewanya, penggunaan jaringan wifi lebih luas daripada
bluetooth. Wifi sendiri umumnya diterapkan di cafe, warung, kantor, sekolah, dan universitas untuk memudahkan pengguanya mengakses internet.

Mendengar kata wifi sepertinya masyarakat sudah terlalu familiar dengan media ini, bahkan ada yang menyewakan jasa wifi dengan tarif yang telah ditentukan. Maraknya bisnis share wifi  menguntungkan sehingga banyak orang yang memanfaatkannya.

Jaringan wifi yang baik harus diberi password supaya orang lain tidak sembarangan mencuri wifi kita. Maka dari itu kita harus tahu siapa saja orang yang terhubung dengan jaringan wifi yang sama. Akses internet wifi tidak secepat biasanya bisa disebabkan karena banyaknya pengguna yang menggunakan jaringan wifi sama.

Cara mengetahui siapa saja yang terhubung dengan jaringan wifi yang sama
Ada beberapa cara untuk mengetahui siapa saja yang terhubung dengan jaringan yang sama, bisa menggunakan aplikasi pihak ke-3 bisa juga menggunakan fitur bawaan windows bernama Network. Namun menggunakan aplikasi dapat menampilkan data lebih lengkap seperti No. Ip, Mac Address, dan nama User.

1. Angry IP Scanner
Angry IP Scanner merupakan aplikasi open source yang dikembangan beberapa developer sehingga aplikasi ini 100% gratis tanpa biaya. Angry IP Scanner mampu mendeteksi pengguna yang terhubung dalam jaringan seperti IP, dan Hostname.


2. Who's On My Wifi
Who's On My Wifi merupakan aplikasi IP Scanner yang paling lengkap dengan menampilkan Mac Address, IP, dan Hostname. Untuk menikmati fitur unggulannya Anda diwajibkan mengupgrade ke versi pro, namun versi gratisannya sudah lebih dari cukup untuk mengetahui siapa saja yang terhubung dalam jaringan.


3. Network Windows
Fitur Network sudah ada dalam paket installasi windows. Cara menjalankannya cukup mudah hanya dengan membuka windows explorer kemudian klik pada "Network". Bila ada pengguna wifi lain yang terhubung dalam jaringan yang sama maka akan ditampilkan satu-persatu sesuai nama komputer yang digunakan.

Posting Komentar

0 Komentar