Apa itu Application Link Enabling (ALE) ?

Application Link Enabling (ALE) adalah mekanisme untuk pertukaran data bisnis antara aplikasi R / 3 yang digabungkan secara longgar yang dibuat oleh pelanggan SAP, program manajemen sumber daya perusahaan. ALE menyediakan pelanggan SAP dengan model dan teknologi distribusi program yang memungkinkan mereka untuk melakukan interkoneksi program di berbagai platform dan sistem.

Ada tiga lapisan dalam sistem ALE: layanan aplikasi, layanan distribusi, dan layanan komunikasi. Kendaraan untuk transfer data disebut IDoc (intermediate document), yang merupakan wadah untuk data aplikasi yang akan dikirim. Setelah pengguna melakukan transaksi SAP, satu atau lebih IDocs dihasilkan di database pengiriman dan diteruskan ke lapisan komunikasi ALE. Lapisan komunikasi melakukan Remote Function Call (RFC), menggunakan definisi port dan tujuan RFC yang ditentukan oleh model pelanggan. IDoc ditransmisikan ke receiver, yang mungkin merupakan R / 3, R / 2, atau beberapa sistem eksternal. Jika data didistribusikan dari sistem master, transaksi yang sama yang dilakukan oleh pengirim akan dilakukan oleh sistem penerima, dengan menggunakan informasi yang terdapat dalam IDoc.

Perubahan yang dilakukan pada field dalam tabel data master dapat diatur untuk memicu distribusi perubahan pada sistem slave, sehingga beberapa server database dapat memperbarui informasi yang sama secara bersamaan. IDocs membawa informasi secara langsung antara sistem SAP. Agar dapat berkomunikasi dengan sistem non-SAP, IDoc pertama-tama dikirim ke sistem perantara yang menerjemahkan data ke format yang akan dipahami oleh receiver. Data pengembalian juga melewati sistem penerjemahan, di mana ia lagi dienkapsulasi menjadi IDoc.

Posting Komentar

0 Komentar