MENGENAL SEJARAH PERKEMBANGAN DAN VERSI : WINDOWS, LINUX, UNIX, MAC OS DAN ANDROID

1. Sejarah Windows
Windows adalah rangkaian Operating System (OS) dan GUI yang dibuat oleh Microsoft. Windows memiliki beberapa versi, diantaranya ada yang sukses dan ada yang tidak.

Perkembangan Windows

Windows 1.0
Versi pertama Microsoft Windows yaitu Windows 1.0 di rilis pada tanggal 20 November 1985. Pada awalnya Windows versi 1.0 ini akan diberi nama Interface Manager, akan tetapi kepala pemasaran Microsoft Corporation meyakinkan para petinggi Microsoft bahwa nama Windows lebih memikat konsumen. Windows 1.0 ini sebenarnya tidak lebih dari MS-DOS yang disempurnakan dan bukanlah sebuah sistem operasi yang lengkap. Selain itu, Windows 1.0 juga memiliki banyak masalah dan kelemahan yang sama seperti yang dimiliki oleh MS-DOS.

Windows 2.0
Versi ini muncul pada tanggal 9 Desember 1987 dan menjadi sedikit lebih populer dari pendahulunya. Sebagian besar karena kedekatannya dengan aplikasi grafis buatan Microsoft, Microsoft excel for Windows dan Microsoft Word for Windows. Aplikasi-aplikasi Windows adpat dijalankan dari MS-DOS, untuk kemudian memasuki Windows untuk melekukan operasinya dan akan keluar dengan sendirinya saat aplikasi tersebut ditutup.

Windows 2.0 menggunakan model memori modus real, yanghanya mampu mengakses memori hingga 1 megabit saja.

Windows 2.1
Selanjutnya 2 versi baru dirilis yakni, Windows/286 2.1 dan Windows/386 2.1. Sama seperti versi sebelumnya Windows/286 menggunakan model memori modus real, tetapi merupakan versi yang pertama mendukung High Memory Area (HMA) .

Windows/386 2.1 memiliki kernel yang berjalan dalam modus  terproteksi dengan Expended Memory Specification (EMS) standart Lotus-Intel-Microsoft (LIM).

Windows 2.03
Versi ini menjadi lebih populer dari versi sebelumnya karena sudah mulai pseudo multiitasking. Versi ni bersama versi Windows 3.0 mendapat tuntutan dari Apple karena memiliki modus penampilan jendela secara bertumpukan (cascade), selain beberapa fitur sistem operasi Apple Macintosh yang ditiru oleh Windows, utamanya adalah masalah tampilan/look dan feel.

Windows 3.0
Versi ini dirilis pada tahun 1990, merupakan Windows pertama yang laris manis dipasaran. Terjual 2 juta kopi dalam 6 bulan pertama. Selain menawarkan peningkatan kemampuan terhadap aplikasi Windows, versi ini juga mampu mengijinkan pengguna untuk menjalankan beberapa aplikasi MS-DOS secara serentak (multitasking).

Versi 3.0 juga merupakan versi pertama Windows yang berjalan di dalam modus terproteksi, meskipun kernel 386 enhanced mode merupakan versi kernel yang ditingkatkan dari kernel modus terproteksi di dalam Windows/386.

Windows 3.0 juga hadir dengan versi multimedia yang disebut Windows 3.0 with Multimedia Extension 1.0 yang dirilis beberapa bulan kemudian. Versi ini merupakan perintis semua fitur multimedia yang terdapat di dalam versi-versi Windows setelahnya. Seperti Windows 3.1 dan Windows for Work groups dan menjadi bagian dari Microsoft Multimedia PC.

Windows 95
Windows yang lebih unggul pada user interface dan multitasking dirilis pada tanggal 24 Agustus 1995. Windows 95 merupakan Windows yang dianggap revolusioner dan membawa era baru komputasi.

Windows 98
Windows 98 yang pertama merupakan Windows yang sangat buruk. Lamban, sering crash dan berbagai masalah lainnya dirilis tanggal 25 juni 1998. Perubahan kernel dan perombakan sistem secara keseluruhan membuat penjualannya meningkat karena cepat dan tidak lagi crash (merupakan windows paling stabil yang pernah ada) dengan rilisnya Windows 98SE.

Windows ME
Windows ini dirilis pada September 2000. Konsep-konsep baru diperkenalkan dengan Windows ME yang dirilis tanggal . Salah satunya adalah konsep yang kemudian populer di suatu hari ada “plug and play”. Sayangnya GUI yang buruk membuatnya tidak populer.

Windows XP
Microsoft merilis versi Windows XP pada Oktober 2001, versi ini merupakan versi Windows yang paling banyak dipakai di seluruh dunia sampai sekarang dan banyak mendapatkan pujian di seluruh pemberitaan. Review score yang baik membuat Windows XP merajai pasar PC sekarang ini. Windows XP yang pertama kali memecah bagian penjualan Windows menjadi Home dan Professional. Hanya membedakan beberapa fitur yang mungkin tidak dipergunakan oleh pengguna rumahan dibanding pengguna profesional.

Windows Vista
Windows ini dirilis tanggal 8 November 2006. Vista  membawa perubahan besar dalam kernel, GUI dan rangkaian penambahan fitur yang menjanjikan. Sayang biarpun sudah mengalami penambahan fitur dan User Interface, Vista tidak sukses di pasar karena memiliki beberapa flaw yang sangat mengganggu, terutama bagi kritikus. Vista juga lambat dan tidak lebih baik dari Windows XP dalam penggunaan sehari-hari.

Windows 7
Windows ini dirilis oleh pabrikan pada tanggal 22 Juli 2009 dan dirilis untuk publik pada tanggal 22 Oktober 2009. Windows 7 adalah Windows yang pertama kali membuat Microsoft berdedikasi untuk merilis Operating System yang baru setiap 3 tahun. Tidak terlalu lama dan tidak terlalu cepat. Tujuannya adalah untuk memenuhi harapan pasar yang terus melaju cepat, disesuaikan dengan pembenahan fitur yang mengikuti tren teknologi jaman sekarang.

WINDOWS 8
Microsoft secara resmi mengumumkan jadwal perilisan sistem operasi terbaru, windows 8 pada 26 Oktober 2012, bersamaan dengan peluncuran komputer perdana yang menggunakan windows 8. Sistem operasi ini menggunakan mikroprosesor ARM selain mikroprosesor x86 tradisional buatan intel dan AMD. Antarmuka penggunanya diubah agar mampu digunakan pada peralatan layar sentuh selain mouse dan keyboard.

2.     Sejarah Linux
Unix merupakan salah satu sistem operasi yang mengawali lahirnya Linux ke dunia dan merupakan salah satu sistem operasi populer selain keluarga raksasa Microsoft.

Sejarah kemunculan Unix dimulai pada tahun 1965 ketika para ahli dari Bell Labs, sebuah laboratorium milik AT&T, bekerja sama dengan MIT dan General Electric membuat sistem operasi bernama Multics. Sistem operasi Multics awalnya di desain dengan harapan akan menciptakan beberapa keunggulan seperti multiuser, multiprosesor, dan multilevel filesystem. Namun pada tahun 1969, AT&T menghentikan proyek pembuatan Multics karena sistem operasi Multics ini tidak memenuhi tujuan semula.

Beberapa programmer Bell Labs yang terlibat dalam pembuatan dan pengembangan Multics yaitu, Ken Thompson, Dennis Ritchie, Rudd Canaday, dan Doug Mcllroy, secara tidak resmi tetap meneruskan proyek pengembangan Multics. Bulan Januari 1970, sampailah pada sebuah sistem operasi generasi penerus Multics yang diberi nama UNIX.

Generasi baru Multics ini memiliki lebih banyak keunggulan dibandingkan saudara tuanya. Nama UNIX ini diberikan oleh Brian Kernighan untuk memberi penegasan bahwa UNIX bukanlah Multics.
UNIX memiliki keunggalan seperti yang diharapkan pada awal penciptaannya, yaitu :
  • Multilevel filesystem
  • Multiuser dan Multiprosesor
  • Desain arsitektur yang independen terhadap suatu hardware
  • Berbagai device dapat dianggap sebagai file khusus
  • Memiliki user interface yang sederhana
  • Cocok untuk lingkungan pemograman
  • Memiliki utilitas yang dapat saling digabung

Setahun setelahnya, UNIX dapat dijalankan pada komputer PDP-11 yang memiliki memori 16KB dan sebuah disk berukuran 512KB. Saat itu source code UNIX masih ditulis dalam bahasa mesin (assembler). Kemudian tahun 1973, source code UNIX ditulis ulang dalam bahasa C yang dibuat oleh Dennis Ritchie.

Tujuan Ritchie menggunakan bahasa C karena bahasa C di desain multiplatform dan bersifat fleksibel. Dengan diubahnya source code ini ke dalam bahasa C, maka UNIX dapat dikembangkan dan dikompilasi ulang ke berbagai jenis komputer. Sejak saat itu dibuatlah berbagai macam varian UNIX yang sengaja di desain untuk jenis komputer tertentu.

Setahun kemudian karena merasa UNIX sudah cukup matang, maka Thompson dan Ritchie mempublikasikan sebuah paper tentang UNIX . ternyata UNIX mendapatkan sambutan yang sangat luar biasa dari lingkungan perguruan tinggi. Dan UNIX lah yang menjadi sistem operasi favorit di lingkungan perguruan tinggi.

Berawal dari seorang mahasiswa yang bernama Linus Torvald yang dilahirkan di Helsinki, Finlandia 28 Desember 1969, yang telah mengenal bahasa pemograman pada usianya yang ke 10 tahun. Saat itu Linus sering mengutak-atik komputer milik kakeknya, karena hobinya di dunia komputing inilah sehingga ia diterima di University of Helsinki. Dan pada tahun 1990, Linus memulai bahasa pemograman C pertamanya.

Linus lebih cenderung menggunakan komputer milik universitasnya yang menggunakan sistem operasi open source Minix yang dikembangkan oleh Andrew S. Tanenbaum yang  berbasis UNIX. Walaupun cukup bagus Linus merasa Minix masih memiliki banyak kelemahan dan kurang memadai.
Pada bulan Agustus 1991, lahirlah Linux 0.01 hasil dari Linus yang mengutak-atik kernel Minix, dan pada tanggal 5 Oktober 1991, secara resmi Linus mengumumkan Linux 0.02 yang hanya dapat menjalankan BASH dan gcc compiler, selain itu Linus juga mempublikasikan sistem operasi buatannya tersebut lengkap dengan source code-nya, yang ternyata disambut antusias oleh para programmer dan developer di seluruh dunia agar dapat dikembangkan secara bersama-sama.

Sampai saat ini, Linux dibangun oleh berbegai macam komunitas dan banyak sekali distro-distro Linux yang beredar. Mulai dari yang berbayar sampai yang gratis, dari yang untuk pemula sampai tingkat lanjut. Namun perlahan tapi pasti, diantara distro-distro tersebut ada yang menyamai atau bahkan melebihi kemampuan dari sistem operasi milik Microsoft dan dengan semakin mudahnya dan semakin lengkapnya dukungan Linux pada harware, besar kemungkinan Linux akan menjadi alternatif atau bahkan sistem operasi utama di dunia.

Saat ini ada 7 distro Linux yang paling terkenal, yaitu :
v  RedHat Linux, distributor paling populer di AS dan salah satu yang paling mudah digunakan.
v  Mandrake Linux, distributor yang menambahkan update dan patch untuk RedHat Linux.
v  Caldera open Linux, distributor linux dengan instalasi dan lingkungan pengguna berbasis grafis yang bagus.
v  Suse Linux, distributor linux paling populer di Eropa yang juga menyediakan perangkat instalasi dan panduan berbahasa Indonesia.
v  Slackware Linux.
v  Debian GNU/Linux.
v  Turbo Linux, distributor linux paling populer di Asia yang menyediakan dukungan untuk set karakter khusus Asia.

3.     Sejarah MAC
Sistem operasi yang dikenal sebagai salah satu sistem operasi yang cantik, elegan, dan mahal dan yang juga merupakan salah satu sistem operasi besar yang bersaing dengan Windows dan Linux, tidak lain dan tidak bukan Macinthos atau yang biasa disebut Mac OS. Dan sistem operasi besutan Apple ini pun mendapat tempat tersendiri bagi para penggemar setianya.

Perkembangan MAC

24 Januari 1984
Mac OS pertama dirilis, dengan nama System 1. Apple membuat sistem operasi ini sebagai satu-satunya sistem operasi di masa itu sepenuhnya GUI. Sejak saat itu, GUI menjadi pionir akan perkembangan sistem operasi lain.

Januari 1986
System 3 dirilis dan di sistem operasi ini, file system ala herarki seperti Mac OS dan Linux saat ini diperkenalkan.

13 Mei 1991
System 7 dirilis. System 7 ini adalah salah satu sistem operasi dari Apple yang memiliki masa pakai cukup lama, dari 1991 sampai 1997.

Januari 1997
Mac OS 7.6 dirilis. Sistem operasi ini adalah Mac pertama yang menggunakan nama Mac di depannya setelah sebelumnya hanya “System” dan angka rilis.

22 Juli 1997
Mac OS 8 dirilis, cukup singkat antar versi Mac OS 7.6 dan Mac OS 8 ini. Di versi ini juga sebagai penanda akan kembalinya Steve Jobs di Apple setelah sebelumnya dia dipecat. Mac OS 8 terjual sebanyak 3 juta kopi dalam 6 bulan saja.

23 Oktober 1999
Mac OS 9 dirilis. Mac ini dipandang oleh Apple sebagai OS transisi dari versi 8 ke ke versi OS X.

24 Maret 2000
Versi terpopuler Mac diluncurkan. Mac kali ini bernama Mac OS X. Mac versi ini membawa perubahan desain besar, utamanya adalah apa yang dikenal dengan Aqua, tampilan khas Mac yang membuat Mac telihat semakin elegan dan modern. Versi ini juga debut dari aplikasi terpopuler Mac, yaitu Dock. Kode nama Mac OS X ini adalah Cheeta.

23 Agustus 2002
Mac OS X 10.2 dirilis. Kode nama kali ini adalah Jaguar.

29 April 2005
Mac OS X 10.4 atau dengan kode nama Tiger dirilis. Tiger versi Mac yang sangat ditunggu kedatangannya dan populer. Buktinya adalah terjual sebanyak 2 juta kopi dalam jangka 6 minggu saja. Tiger juga menjadi Mac pertama yang menggunakan Intel setelah sebelumnya menggunakan Power PC.

26 Oktober 2007
Mac OS 10.5 atau versi Leopard dirilis. Selain itu ada beberapa perubahan di Leopard ini, yaitu Cover Flow di Finder dan fitur yang menjadi jualan utama, yaitu Time Machine.

20 Juni 2011
Mac OS 10.7 dirilis. Kode nama untuk Mac ini adalah Lion. Selain itu ada integrasi yang lebih baik antara IOS dan Mac. Selain itu Lion menjadi Mac pertama yang bisa diunduh di App Store seharga $29. Fitur yang ada di Lion ada sekitar 250 fitur baru dan diperbarui.

16 Februari 2012
Mac OS X 10.8 diumumkan. Kode nama kali ini adalah Mountain Lion. Beberapa fitur yang ada disini adalah adanya iMessage, lalu integrasi dengan Twitter dan dukungan lebih baik terhadap iCloud.


PERKEMBANGAN UNIX
Pada dasarnya produk varian Unix terbagi menjadi 3 yaitu Unix Murni, Unix yang dimodikasi
dan Emulasi Unix (untuk hardware tertentu).
Ada dua versi Unix yang paling terkenal yaitu AT&T dan versi Berkeley (BSD). Kedua lembaga ini tidak memasarkan Unix itu langsung pada
para user tetapi mereka memasarkannya dengan cara menjual lisensinya kepada para vendor (perusahaan computer). Dimana para vendor tersebut akan mengembangkan system operasi Unix siap pakai tersebut pada computer buatan perusahaan computer tersebut dan diberi nama khusus.

Berikut adalah beberapa nama Unix yang dikembangkan oleh para vendor (perusahaan computer).

AIX (Advanced Interactive Executive)
Sistem Operasi ini dikembangkan oleh Interactive System Corp dan perusahaan IBM. Dimana OS ini diterapkan pada computer IBM PS/2 (IBM

AIX PS/2), IBM RT System (IBM AIX RT), RISC System/6000 (IBM AIX RS/6000) dan mainframe yang menggunakan arsitektur System/370 (IBM
AIX S/370).

AU/X (Apple Macintosh Unix)
Versi ini dikembangkan oleh perusahaan Apple Computer untuk computer Apple Macintosh.

DG/UX
Sistem operasi ini dikembangkan oleh Data General untuk computer jenis Data General A ViiON.

Domain/X
Sistem operasi ini dikembangkan oleh Appolo Computer.

HP-UX
Sistem operasi berbasis Unix ini dikembangkan oleh Hewlett Parckard yang berdasarkan pada AT&T Unix System V Release 3.0. HP-UX dioperasikan pada computer supermini HP 9000 Series 300 dan Series 800.

SINIX
Sistem operasi ini dikembangkan oleh perusahaan Siemens di Eropa dan diterapkan pada produk MX-seriesnya.

SunOS
Sistem operasi yang merupakan penggabungan dari Unix system V dan BSD versi 4.3 ini dikembangkan oleh Sun Microsystem pada produk komputernya yang berbasin SPARC (Scalable Processor ARChitecture).

ULTRIX
Sistem operasi ini dikembangkan oleh Digital Equipment Corp berbasis pada BSD 4.3 dan Unix system V dan AT&T. ULTRIX ini dioperasikan pada jajaran computer micro VAX, VAX RISC System (DECstation dan DECsystem).

UniCOS
System operasi ini dikembangkan oleh Cray Research, merupakan sebuah implementasi asli dari Unix system V. UniCOS dioperasikan pada supercomputer Cray X/MP dan Cray 1.

SCO UNIX/XENIX
Versi ini dikembangkan oleh Santa Cruz Operation dan Microsoft Corp dan merupakan Unix pertama yang dapat dijalankan pada computer IBM PC dengan berbasis processor Intel. Kini tersedia SCO Unix V/386 untuk computer berbasis processor intel 80386 dan SCO Unix untuk IBM PS/2.

Sejarah Android. Android merupakan sistem operasi yang berbasis Linux dan dirancang untuk perangkat seluler layar sentuh seperti smartphone serta komputer tablet. Android pada awalnya dikembangkan oleh perusahaan bernama Android, Inc., dengan dukungan finansial yang berasal dari Google, yang kemudian Google pun membelinya pada tahun 2005. Sistem operasi android tersebut secara resmi dirilis pada tahun 2007, bersamaan dengan didirikannya sebuah perusahaan Open Handset Alliance, konsorsium dari beberapa perusahaan-perusahaan perangkat keras, perangkat lunak, serta telekomunikasi yang memiliki tujuan untuk memajukan standar terbuka dari perangkat seluler. Ponsel yang berbasis sistem operasi Android pertama dijual pada bulan Oktober 2008.

Sejarah android pada mulanya berasal dari perusahaan bernama Android, Inc. didirikan tempatnya di Palo Alto, California, pada Oktober tahun 2003 oleh Andy Rubin (pendiri Danger), Rich Miner seorang pendiri Wildfire Communications, Inc., Nick Sears seorang mantan VP T-Mobile, dan Chris White seorang kepala desain dan pengembangan antarmuka WebTV untuk mengembangkan sebuah "perangkat seluler pintar yang lebih sadar tentang lokasi dan preferensi penggunanya".

Sejarah android
Tujuan awal dari perkembangan tersebut pada mulanya diperuntukkan bagi kamera digital, namun disadari bahwa pasar dari kamera digital tidak besar potensinya, dan pengembangan Android lalu dialihkan pada pasar telepon pintar atau smartphone untuk menyaingi Symbian serta Windows Mobile (iPhone Apple pada saat itu belum dirilis). Meskipun para pengembang Android tersebut merupakan pakar-pakar teknologi yang berpengalaman, Android Inc. dijalankan secara diam-diam dan hanya diungkapkan bahwa para pengembang tersebut sedang berusaha menciptakan sebuah perangkat lunak yang dapat diperuntukkan untuk telepon seluler. Masih pada tahun yang sama, Andy Rubin kehabisan uang. Steve Perlman adalah seorang teman dekat Andy Rubin dan meminjaminya $10.000 tunai serta menolak tawaran saham di perusahaan.

Google mengakuisisi perusahaan Android Inc. pada tanggal 17 Agustus 2005 dan menjadikannya sebagai anak perusahaan yang dimiliki oleh Google. Pendiri Android Inc. yaitu Rubin, Miner, serta White tetap bekerja pada perusahaan tersebut setelah diakuisisi oleh Google. Di Google, tim yang dipimpin oleh Andy Rubin mulai untuk mengembangkan sebuah platform perangkat seluler dengan menggunakan kernel Linux.

Sejak tahun 2008, Android mulai secara bertahap melakukan sejumlah pembaruan atau update untuk meningkatkan kinerja dari sistem operasi tersebut dengan menambahkan fitur baru, memperbaiki bug pada versi android yang sebelumnya. Setiap versi yang dirilis dinamakan secara alfabetis dengan berdasarkan nama sebuah makanan pencuci mulut, seperti cupcake, donut, dan sebagainya. Berikut nama-nama versi android.

Sejarah Android
Nama-nama versi android
Pre-commercial release (2007–2008)

Android Apple Pie
Google dan OHA merilis setidaknya ada 2 versi sebelum Android beta dirilis pada November 2007. Versi Alpha memiliki codename yaitu : Astro Boy, Bender dan R2-D2.

Android Banana Bread
Android beta dirilis pada tanggal 5 November 2007, sedangkan software development kit atau SDK telah dirilis pada tanggal 12 November 2007. Pada tanggal 5 November kemudian ditetapkan sebagai hari “ulang tahun”.

Commercial Release Version

Android 1.5 Cupcake
Android 1.5 Cupcake dirilis pada tanggal 30 April 2009. Cupcake adalah versi android pertama yang menggunakan nama dari sebuah makanan. Konon katanya versi android cupcake seharusnya versi 1.2, namun Google telah memutuskan untuk membuat revisi yang besar serta membuatnya menjadi versi 1.5. Cupcake adalah kue yang berbentuk kecil dan dipanggang dalam cetakan berbentuk cup.

Android 1.6 Donut
Android 1.6 Donut dirilis pada tanggal 15 September 2009. pada versi ini telah diperbaiki beberapa kesalahan reboot, perubahan pada fitur foto dan video serta integrasi pencarian yang lebih baik. Donut merupakan makanan yang berbentuk cincin.

Android 2.0/2.1 Eclair
Android 2.0/2.1 Eclair dirilis pada tanggal 26 Oktober 2009. Eclair merupakan makanan penutup yang berupa kue berbentuk persegi panjang dan ada krim di tengah serta lapisan cokelat di atasnya.

Android 2.2 Froyo
Android 2.2 Froyo dirilis pada tanggal 20 Mei 2010. Froyo merupakan makanan penutup yang berasal dari sebuah nama merk produk yang terbuat dari yoghurt. Froyo adalah yoghurt yang dingin sehingga seperti es krim. Froyo merupakan singkatan dari Frozen yoghurt.

Android 2.3 Gingerbread
Android 2.3 Gingerbread dirilis pada tanggal 6 December 2010. Gingerbeard merupakan sejenis kue kering yang memiliki rasa jahe. Gingerbread biasanya dibuat pada saat perayaan libur akhir tahun di benua Amerika.

Android 3.0 Honeycomb
Android 3.0 Honeycomb dirilis pada tanggal 22 February 2011. Honeycomb merupakan sereal sarapan manis yang sudah pernah dibuat tahun 1965 oleh Posting Sereal. Honeycomb atau sarang lebah, sereal ini terbuat dari beberapa potongan jagung yang kemudian dibentuk seperti sarang lebah dengan rasa madu.

Android 4.0 Ice Cream Sandwich
Android 4.0 Ice Cream Sandwich dirilis pada tanggal 19 Oktober 2001. Ice cream sandwich merupakan lapisan es krim yang biasanya terdapat rasa vanila terjepit di antara dua kue cokelat, berbentuk persegi panjang.

Android 4.1 Jelly Bean
Android 4.1 Jelly Bean dirilis pada tanggal 9 Juli 2012. Jelly bean adalah nama sejenis permen dalam beraneka macam rasa buah-buahan. Ukurannya seperti kacang merah. Permen ini keras di luar namun lunak di dalam dan lengket apabila digigit.

Android 4.4 KitKat
Android 4.4 KitKat dirilis pada tanggal 31 Oktober 2013. KitKat merupakan merk cokelat yang dikeluarkan oleh Nestle.

Android 5.0 Lollipop
Android 5.0 Lollipop dirilis pada tanggal 15 Oktober 2014. Lollipop merupakan sebuah permen manis dalam stickt yang biasanya berbentuk lingkaran atau bulat.

Refferensi :
http://www.seputarit.com/versi-versi-sistem-operasi-windows-unix-mac-os-dan-linux.html
http://woocara.blogspot.co.id/2015/02/sejarah-android-dan-nama-nama-versi-android.html
https://irenzt.wordpress.com/2012/10/02/sejarah-windows-linux-dan-mac/

Posting Komentar

0 Komentar