Cara Menghitung Volume Tanki Bahan Bakar Minyak (BBM)

Tanki BBM Horizontal
Tanki BBM yang besar berkapasitas 3000 liter keatas biasanya di gunakan pada gedung gedung bertingkat, tanki ini di pasang dengan posisi HORIZONTAL, dengan media selang transparan sebagai indikator pembacaan volume BBM, yang di pasang berdiri guna bisa membaca 'masih seberapakah isi tanki' tersebut.

Dan penandaan pada indikator selang transparanpun  tidak dengan volume liter, namun dengan volume prosentase yang diambil dari ketinggian selang tersebut, sedangkan prosentase media seperti tanki (elips) akan beda dengan prosentase volume BBM yang ada dalam tanki.

Tangki BBM dengan penampang berbentuk elips ini untuk perhitungannya beda dengan menghitung volume tabung, agak sulit untuk menghitung volume BBM atau cairan yang ada di dalamnya apa bila hanya terisi sebagian.

Kelebihan tangki ini adalah cairan dapat terkuras habis karena media ini  bagian bawah tangki yang mengecil, mengikuti bentuk elips dari penampangnya.

Prosentase kedalaman beda dengan prosentase volume
Jika cairan kurang dari level yang sebenarnya (level penuhnya) pada bagian atas tanki, maka volume yang kurang tersebut tidak terlalu besar dibanding jika tanki berbentuk kotak. Hal ini karena pada ujung bagian puncak tangki atau puncak elips, luasnya mengecil sehingga volume pada bagian puncak juga mengecil.

volume tidak mengikuti garis liner
Pada tabel dan grafik terlihat bahwa persentase volume tidak mengikuti garis liner. Hal ini perlu diperhatikan jika anda perlu menentukan nilai minimal dan maximal stock. jika tangki berbentuk tabung datar bukan elips maka kosongkan kolom radius elips.

Hasil dari perhitungan ini tingkat akurasinya 98%, disini kami juga melakukan beberapa sampel perhitungan manual.


Bisa di download untuk perhitungan di volume cairan untuk setiap ketinggian cairan di dalam tanki elips horizontal.

Posting Komentar

0 Komentar