PHP MySQL Search Script

PHP MySQL Search Script

PHP MySQL Search Script - Pada kesempatan kali ini kita akan belajar sedikit tentang bagaimana membuat script pencaraian dengan PHP dan database MySQL. untuk membuat script pencaraian berbasis web atau dengan bahasa pemrograman PHP tentu kita bisa menggunakan beberapa software yang tak mesti harus menulis script di notepat.

Pada tutorial PHP MySQL Search Script ini kita akan mempelajari bagaimana membuat sebuah form pencarian sederhana dengan menggunakan software Macromedia Dreamweaver 8. untuk memulai membuat form pencarian sederhana bisa di ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Pertama lebih dulu kita buat database sebagi contoh database yang sudah dibuat seprti gambar berikut
PHP MySQL Search Script

Tampilan database yang sudah dibuat lebih kurang demikian, cara membuat database jika masih belum mengerti bisa dibaca pada artikel Cara Membuat Database MySQL. Jika database sudah dibuat kita akan membuat form pencarian dengan menggunakan Dreamweaver dengan cara :

Pertama anda buat dulu folder tempat diamana kita akan menyimpan file php yang akan kita buat yaitu di localhost/xampp/htdocs. sebagai contoh saya membuat folder "Search". setelah itu kita buka Dreamweaver kemudian ikuti langkah-langkah berikut:


  1. Create alamat situs dengan carai pilih site pada toolbar atas kemudian pilih new site isi nama folder yang anda buat dilocalhost tadi yaitu "Search". Lihat gambar dibawah.



2. Klik next, pada tahap selanjutnya pilih yes dan sorot ke MySQL. Lihat gambar


3. Lanjut dengan Next, pada halaman selanjut pilih folder situs anda dilocalhost, seperti gambar dibawah.
4. Lanjutkan dengan Next lalu browser folder situs anda lagi diderektori localhost, lalu next lagi hingga tahap akhir akan tampil seperti gambar dibawah
gambar diatas tahap terakhir diamana kita menbuat situs localhost klik next. Note: jika pada gambar diatas muncul pada form Url tidak ada alamat situs anda, maka anda menulis secara bisa saja dengan menambah alamat situs anda. klik next hingga selesai.

Tahap selanjutnya kita akan membuat koneksi kedatabase dengan cara :

Pilih Aplication pada toolbar samping kiri kemudian pilih database klik pada icon +. seperti gambar dibawah.
pada anda klik icon + maka akan tampil MySQL Connection maka klik pada tulisan tersebut sehingga akan tampil form dimana kita akan mengisi langkah untuk melakukan koneksi kedatabase MySQL. seperti gambar dibawah ini.
papa form database anda tinggal mengselect database yang sudah anda buat tadi. sampai tahap ini kita sudah berhasil melakukan koneksi kedalam database. selanjutnya kita akan membuat form pencarian seperti berikut.

  • Buat Form pada halaman itu saya secara defaul dihalam index.php berinama form keywork dan tombol batton dengan cari. pada form dimethot ubah ke GET. 
  • selanjutnya pilih Insert pada toolbar atas sorot ke Aplication Objects pilih Recordset setting seperi gambar dibawah ini.




kemudian klik OK.
  • Selanjutnya kita akan menampilkan hasil pencarian dalam bentuk tabel dengan cara ilih Insert pada toolbar atas sorot ke Aplication Objects pilih Dynamic data sorot ke Dynamic tabel maka akan tamipl seperi gambar berikut :
sampai disini kita sudah selesai membuat form pencarian sederhana dengan Dreamweaver, agar lebih menarik dan keren anda bisa membuat bentuk tampilannya dengan Css sesuai dengan keinginan anda. Hasil di browser dapat kita lihat seperti berikut:
Demikianlah sedikit tutorial PHP MySQL Search Script mudah-mudahan berguna.

Posting Komentar

0 Komentar