Asam dari Pohon Kedondong Sebagai Alternatif Pembangkit Listrik


Excation.info, Akhir-akhir ini terdengar kabar bahwa pohon kedondong bisa menghasilkan listrik dan ternyata benar di buktikan oleh Naufal.

Selama tiga tahun Naufal dengan bantuan ayahnya meneliti berbagai pohon. Akhirnya Naufal menemukan pohon kedondong pagar. Pohon tersebut dipilih karena ukurannya besar dan mudah tumbuh selain itu juga jika kulitnya dikelupas tidak mudah membusuk.

"Jadi masing-masing dari pohon itu ada keunggulannya, kenapa saya gunakan kedondong pagar karena ini memiliki batang besar dan mudah tumbuhnya. Jika kita buka kulitnya tidak busuk malah menumbuhkan dirinya, recover," papar Naufal yang saat ini sedang beranjak meningkatkan pendidikannya ke Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA).

Untuk menghasilkan listrik, ‎pohon tersebut dilubangi kemudian dimasukan tembaga dan logam yang telah dibungkus kain dan tisu, agar dapat menyerap asam yang ada di pohon.

Kemudian dari logam tembaga yang dimasukan ke lubang yang ada pada batang pohon, disambungkan dengan kabel untuk menghantarkan listrik yang diubah arusnya menjadi searah (DC), dengan alat pengubah arus (inverter). Setelah itu baru disambungkan dengan perangkat elektronik.

Menurutnya ; untuk satu lubang di pohon bisa menghasilkan tegangan listrik sebesar 1 volt atau satu lampu hemat energi, sedangkan satu po‎hon kedodong pagar bisa ada empat lubang. Untuk menciptakan rangkaian listrik dua lampu membutuhkan dana sekitar Rp 1,2 juta.

"Jadi kalau mau tambah voltase kita tinggal tambah alatnya sama pohonnya. satu pohon kita bisa ada empat lubang. Itu bisa menghidupkan untuk penerangan 4 pohon 1 lampu jenis hanoks atau lampu hemat energi," jelas Naufal.

Refferensi : Klik here
Sumber gambar : Klik Here

Posting Komentar

0 Komentar