Pengertian Internet dan Intranet

Kali ini kita akan membahas mengenai pengertian internet dan intranet. Di zaman sekarang ini siapa sih yang tidak kenal internet, dikit-dikit internet, cari sesuatu saja di internet. Betul sekali, internet memberikan banyak kemudahan, misalkan kemudahan dalam mengakses informasi dan kemudahan beinteraksi dengan orang lain. Internet memberikan banyak perubahan di dunia saat ini. Dulunya belajar hanya dari buku, sekarang dengan adanya internet semua orang bisa mencari informasi yang dibutuhkan. Dengan adanya internet, kita bisa mendapatkan infromasi yang sangat luas bahkan diseluruh dunia sekalipun.

Pengertian internet

Internet adalah singkatan dari Interconnected Networking yang artinya adalah sebuah jaringan komputer yang saling terhubung dengan suite (TCP/IP) yang digunakan sebagai protokol pertukaran paket dalam melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Internet dapat dikatakan juga sebagai jaringan komunikasi global yang terbuka dan menghubungkan miliaran jaringan komputer dengan berbagai tipe dan jenis, dengan menggunakan tipe komunikasi seperti satelit, telepon dan sebagainya.

Pengertian intranet

Intranet adalah sebuah jaringan komputer berbasis protokol TCP/IP yang penggunaannya dibatasi atau lebih tertutup. Jadi, jaringan intranet ini tidak semua orang bisa mengaksesnya, hanya orang atau pengguna tertentu saja yang dapat masuk dan menggunakan jaringan intranet.

Itulah pengertian internet dan intranet. Sama-sama sebuah jaringan komputer dan yang membedakannya hanya dari penggunaannya. Kalau internet bisa digunakan oleh siapa saja, sedangkan intranet penggunanya terbatas dan tidak semua orang bisa menggunakan intranet.

Sekarang sudah ngerti kan? Ada tambahan mengenai pengertian internet dan intranet? Silahkan tuliskan pada kotak komentar di bawah ini. Sekian dan semoga bermanfaat buat para pembaca semuanya.

Posting Komentar

0 Komentar