Cara Sederhana Mengolah Air Laut Menjadi Air Minum

Prinsip penyulingan ini sama dengan siklus air. dari air laut yang dipanaskan oleh radiasi sinar matahari akan menguap menjadi butiran-butiran uap yang mengandung air. uap tersebut akan naik ke atas langit sebagaimana udara. setelah mencapai ketinggian tertentu, air tersebuat mengalami proses pengembunan oleh hawa dingin disekitarnya. setelah mengembun, uap air akan menjadi air yang tawar dan akhirnya jatuh kembali ke bumi.

Bahan yang di butuhkan cukup sederhana :
- kompor / perapian lainnya
- wadah air laut + tutup yang rapat
- selang yang tipis dan tahan panas atau selang yang digunakan oleh tukang kuli bangunan untuk mengukur kerataan tinggi bangunan.
- botol bekas minuman
- air tawar
- wadah tempat hasil penyulingan

Alat :
-

cara pembuatan:
pertama-tama, kita harus memberi lubang pada tutup wadah air laut untuk jalan uap air menuju tempat pengembunan. lubang tersebut harus sama besar dengan besar selang.

kedua, kita potong selang dengan ukurang secukupnya. kemuadian sambungkan selang dengan tutup wadah aor laut, dan jangan sampai ada lubang udara. agar uap air tidak keluar dan terus melewati selang hingga proses terakhir.

ketiga, buatlah dua lubang pada bagian atas botol minuman bekas untuk jalan masuk dan keluar selang. kemudian masukkan selang kedalam botol tersebut, dan keluarkan bagian ujungnya. berilah air tawar secukupnya untuk mengembunkan uap gas menjadi air tawar. itulah sebabnya kita harus memberi lubang di bagian atas botol, untuk menjaga air tawar agar tidak tumpah. kegunaan dari botol tersebut adalah sebagai tempat pengembunan uap air menjadi air tawar.
keempat, salurkan selang pada wadah penampung hasil air tawar.

setelah semuanya selesai, kita tinggal merangkainxa agar posisinya mudah dan efektif. setelah itu pasang kompor di bawah wadah penampungan air laut, untuk menguapkan air laut menjadi uap air.

air laut yang dipanaskan akan menguap, dan di dalam wadah tersebut akan terlihat hasil pengendapan garam hasil penguapan tersebut. garam tersebut bisa di gunakan sebagai bumbu dapur, tetapi garam tersebut masih belum mengandung "yodium".

Sumber : https://tableex.blogspot.co.id/2013/03/cara-sederhana-merubah-air-laut-menjadi.html

Posting Komentar

0 Komentar