Cara Install Windows 10 Lengkap dengan Gambar

Windows 10 merupakan versi terbaru dari sistem operasi Microsoft Windows. Hadir dengan membawa fitur-fitur terbaru dan tercanggih saat ini. Banyak perubahan dalam sistem operasi Windows 10 dan tentunya lebih interaktif. Pada Windows 10 terdapat fitur Mobile Hotspot yang memungkinkan penggunanya untuk berbagi koneksi. Salah satu fitur yang sangat menyedot perhatian adalah fitur Night Light yang bekerja untuk mengurangi paparan cahaya biru pada layar di malam hari yang dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan. Masih banyak fitur-fitur menarik lainnya yang harus kamu coba.

Berbicara mengenai install ulang tentunya hal yang tidak asing lagi. Menurut kami install ulang merupakan hal yang wajib untuk dipelajari agar nantinya setiap pengguna komputer bisa melakukannya sendiri. Melakukan install ulang pada komputer sendiri akan sedikit lebih baik dan merupakan cara yang efisien karena menghemat banyak waktu dan uang. Sedikit bercerita mengenai pengalaman pribadi. Ketika seseorang melakukan install ulang di tempat servis komputer, maka akan ada kemungkinan data-data di komputer dan laptop dilihat dan diakses oleh teknisi. Terus teknisi yang salah? Tidak juga, karena sebelum menginstal ulang tentunya teknisi akan memastikan dulu bahwa data-data penting telah tersimpan pada partisi yang aman. Kamu tidak mau kan jika data-data kamu dilihat oleh orang lain? Apalagi data tersebut menyangkut hal yang sangat rahasia. Oleh karena itu mulailah untuk belajar install ulang agar kamu bisa melakukannya sendiri tanpa harus membayar orang lain untuk melakukannya. Pada situs ini banyak sekali artikel yang mendukung kamu untuk belajar menginstal ulang. Pada artikel kali ini kami juga akan memberikan tahapan-tahapan yang lebih detail agar mudah dimengerti oleh pembaca semuanya.


Sebelum menginstal ulang, sebaiknya kamu baca terlebih dahulu syarat install Windows 10 dan pastikan komputer dan laptop yang akan di install telah memenuhi syarat.

Windows 10 System Requirements


  • Processor: 1 gigahertz (GHz) or faster processor or SoC.
  • RAM: 1 gigabyte (GB) for 32-bit or 2GB for 64-bit.
  • Hard disk space: 16GB for 32-bit OS or 20GB for 64-bit OS.
  • Graphics card: DirectX 9 or later with WDDM 1.0 driver.
  • Display: 800-by-600 resolution.


Persiapan sebelum melakukan install ulang Windows 10


1. Menyiapkan flashdisk sebagai media penginstalan. Kapasitas minimal flashdisk adalah 4GB dan tergantung besarnya ukuran file ISO Windows.

2. File ISO Windows versi berapa saja sesuai dengan keinginan. Kamu bisa mendownload file ISO langsung dihalaman resmi Microsoft, langkah-langkah mendownloadnya ada pada artikel cara download file ISO Windows dari halaman resmi Microsoft.

3. Membuat Bootable USB Windows.

Mengatur Booting pada BIOS

Ketika akan menginstal sistem operasi, salah satu langkah penting yang harus dilakukan adalah mengatur Booting pada BIOS. Settingan Booting ketika kamu menginstal menggunakan media flashdisk akan berbeda dengan settingan ketika menggunakan media CD/DVD. Gambar di bawah ini settingan Booting ketika hendak menginstal menggunakan flashdisk, karena posisi flashdisk berada paling awal. Jika kamu menginstal menggunakan CD/DVD maka letakkan posisi ATAPI CD/DVD berada paling atas, posisi kedua Hard Disk dan posisi yang lainnya mengikuti.


Jika kamu melakukan install ulang dengan menggunakan CD/DVD, maka atur Boot menjadi seperti pada gambar di bawah ini.


Langkah-langkah menginstal Windows 10

1. Jika pada layar muncul tulisan press any key to boot from CD or DVD, tekan sembarang tombol untuk melanjutkan proses instalasi.
Cara Install Windows 10 Lengkap dengan Gambar

Baca selengkapnya �

Posting Komentar

0 Komentar