Bagaimana Cara Membuat Aplikasi Twitter Client/How To Make a Twitter Client

Twitter, Salah satu situs penyedia mikroblogging sekaligus jejaring sosial dimana pengguna dapat melakukan pembaharuan status sepanjang 140 karakter. Berdiri Maret 2006 oleh perusahaan rintisan Obvious Corp. Twitter secara harfiah berarti berkicau, mempunyai maskot berupa burung kecil berwarna biru. Update status di Twitter saya ibaratkan ketika kita mengirim suatu pesan singkat SMS kepada seluruh nomor kontak yang ada di dalam ponsel kita. Pesan SMS tersebut sering disebut Twit, seluruh nomor kontak yang kita kirimi sering dinamakan sebagai Follower. Sedangkan jika pesan tersebut ramai ditwit-kan oleh orang lain, bisa menjadi Trending Topic. Kita dan orang lain tersebut dikenal dengan julukan Tweeps. Jika kita juga menerima pesan singkat dari user lain, mereka adalah orang yang telah kita follow, biasa dinamakan Following. Dan masih banyak lagi istilah lainnya mengenai Twitter ini.

B. Twitter Client
Situs utama dari Twitter berada di http://twitter.com. Tetapi kadang user/tweeps lebih sering menggunakan aplikasi lain untuk melakukan pembaruan status twitternya. Nah, Aplikasi yang dimanfaatkan untuk membuka twitter kita tanpa masuk ke situs aslinya tersebut, dinamakan Twitter Client. Berdasarkan cara penggunaannya, ada dua jenis Twitter Client, yaitu Twitter Client versi desktop dan versi web.
Twitter Client versi Desktop, artinya kita perlu menginstall aplikasi tersebut ke dalam komputer kita, baru kita bisa gunakan untuk mengupdate status twiter kita. Misalkan : TweetDeck, Snaptu (khusus mobile/Symbian), Gwibber, UberTwitter (khusus Blackberry), Twitroid (khusus Android), dan lain-lain. Twitter Client versi web, kita tidak perlu menginstall aplikasi, tetapi cukup browsing melalui alamat yang diberikan twitter client tersebut. Misalkan Tuitwit, HootSuite, Dabr, mobile Tweete, dan lain-lain.
Nama-nama Twitter client ini akan muncul di bawah atau di samping setelah update status kita. Kelemahan dari twitter client saat ini adalah bisa multilogin, bahaya jika kita menggunakan komputer publik dan kita lupa me-logout-nya. Kita tidak bisa me-logout-nya dari komputer lain. Harus komputer tersebut, kecuali kita sudah meng-clear cookies/history kita di browser.
C. Membuat Sendiri Twitter Client
Salah satu Twitter client berbasis web yang dapat kita pakai sendiri, bisa kita install sendiri dan dapat kita modifikasi sendiri adalah Dabr. Dabr menyediakan source code Twitter Client yang bersifat open source. Bagaimana cara kita bisa membuat aplikasi web twiter client ?
1. Harus mempunyai domain dan hosting dulu (lebih mudah jika memiliki akses cpanel dan/atau FTP).
2. Download Source code Dabr dan upload ke hostingan kita, silakan klik di sini.
Source code dari Dabr dapat di download di sini, source code berukuran sekitar 37,5 KB . Setelah berhasil didownload, ekstrak dan uploadlah semua folder dari dabr ke dalam hostingan.
3. Rename config-sample.php menjadi config.php
4. Registrasikan aplikasi Twitter Client kita ke dalam Twitter Apps.
Cara registrasi dengan mengisi form yang berada di http://twitter.com/apps (sebelumnya kita harus Login twitter agar bisa mengaksesnya). Yang perlu diperhatikan dalam isian form tersebut adalah Application icon : masukkan gambar yang akan menjadi icon twitter client kita; Application name : isikan nama Twitter Client kita;  Application Type : pilih Browser, karena kita nanti akan membuat yang versi Web; Callback URL : isikan dengan alamat URL Dabr yang sudah kita upload ke hostingan tadi, tambahkan oauth (misal : http://www.domainmu.com/dabr Default Access type : silakan pilih yang Read & Write; Use Twitter for login : kasih cek pada "Yes, use Twitter for login".
4. Selanjutnya kita akan mendapatkan beberapa Key. Perhatikan Consumer Key dan Consumer Secretnya.
5. Masuk ke hostingan kita, Edit di bagian config.php

// Cookie encryption key. Max 52 characters
define('ENCRYPTION_KEY', 'Example Key - Change Me!');


// OAuth consumer and secret keys. Available from http://twitter.com/oauth_clients
define('OAUTH_CONSUMER_KEY', 'masukkan Consumer Key di Sini');
define('OAUTH_CONSUMER_SECRET', 'masukkan Consumer Secret di Sini');

SELESAI DAN SELAMAT MENCOBA!!

Posting Komentar

0 Komentar