Mengenal Chip DNA Evolv pada Mod Vapor

Vapeku.net - Bicara tentang apa itu vape tentunya tidak mungkin lepas dari mod, atomizer, baterai, dan atau liquid. Kesemua bagian komponen vape tersebut saling berkaitan dan saling melengkapi untuk bisa di sebut sebagai personal vaporizer, beberapa menyebut vape atau vapor. Nah khusus untuk mod, kebanyakan para vaper dalam memilih mod selain melihat dari sisi desain dan material mod juga mempertimbangkan fitur-fitur unggulan dari mod itu sendiri. FYI saja, sejatinya setiap produsen mod sudah menanamkan chip di setiap produk modnya, namun belakangan ini mod dengan chip DNA Evolv sangat mendominasi terlebih untuk kalangan mid entry.

Chip DNA Evolv

DNA Evolv Review

Chip DNA adalah sebuah chip vapor yang dikeluarkan oleh perusahaan bernama Evolv USA yang memiliki fitur seperti Wattage Control, Temperature Protection, Preheat, Step Up/Step Down Topology, Digital User Controls yang di kemas dengan OLED screen sebagai kontrolnya.

Selanjutnya brand dari Evolv ini banyak di gunakan produsen mod untuk produk mod mereka, sebut saja lost vape, think vape, scar dna, vaporshark, dll. Yup, chip DNA menjadi salah satu magnet tersendiri bagi vapers terutama para penggila mod pintar. Selain menawarkan fitur fitur standar mod pada umumnya, mod dengan chip DNA menawarkan banyak customisasi. Yang paling mendasar dari keunggulan chip DNA Evolv yakni akurasi pembacaan data pada rangkaian yang bisa membantu penghematan baterai dan juga fitur spesial seperti preheat, stealh mode, locked mode, temperatur control via Evolv Sscribe dan lainnya.

Dalam perkembangannya muncul beberapa produk yang di anggap unggul daripada produk sejenis lainnya, sebutlah vaporshark yang sangat melegenda dengan produk mod RDNA40 atau tengok Vapor Flash dengan V2.1 DNA40. Keduanya yang  mengusung chip dna vape pada produk  ini konon menjadi salah satu icon produk mod terbaik di masanya, kala itu masih menggunakan chip DNA40. Hingga tulisan ini di publikasikan sudah banyak brand baru yang mengadopsi chip DNA Evolv ini, beberapa yang sudah populer yakni Lost Vape dengan Therion Series, lalu ada Think Vape dengan Finder Series, dan Volcano dengan LavaBox Series. Sebenarnya masih banyak brand lain yang mengadopsi chip DNA vape ini namun akan kami ulas di lain kesempatan. Sebagai tambahan saja, chip DNA dari Evolv di mulai dengan DNA40, DNA60, DNA75, DNA200, dan teranyar adalah DNA250 yang sudah memiliki efisiensi hingga 97%. Mau tahu perbedaan masing masing chip DNA Evolv? berikut kami sajikan datanya.

Perbedaan Chip DNA Evolv pada Mod


1. Spesifikasi Chip DNA40 + Datasheet


Chip DNA40

DNA40 adalah sebuah chip vapor karya Evolv yang memiliki power maksimum 40 watt serta mendukung fitur seperti Wattage Control, Temperature Protection, Preheat, Step Up/Step Down Topology, Digital User Controls yang di kemas dengan OLED screen sebagai kontrolnya. Chip DNA40 bekerja menggunakan 1 cell atau single battery untuk menghasilkan power maksimal yakni 40 watt, chip dna pada mod sangat cocok dengan desain mod mini di padukan dengan blue OLED Screen ukuran 69 milimeter. Untuk melengkapi datasheet DNA40 diatas kami rangkumkan beberapa kelebihan dan kekurangan dari DNA40 di bawah ini.

Kelebihan Kekurangan DNA40 Evolv

  • Maksimum power 40 watt (fyi saja nih jika nama chipnya DNA40 artinya maks wattnya hanya 40, pun DNA60 berarti watt mentok hanya 60 watt saja)
  • Hanya support 1 cell (1 baterai), artinya setiap mod yang mengadopsi chip ini tidak bisa mengunakan dual battery.
  • Chip DNA40 belum support custom profil menggunakan Evolv Escribe
  • Walaupun chip ini agak jadul, tapi Efisiensinya 92%
  • Dari semua chip DNA Evolv yang masih produksi, DNA40 memiliki OLED screen paling kecil (69 mili) dari seri chip dna lainnya.

2. Spesifikasi Chip DNA60 + Datasheet


Chip DNA60

DNA60 adalah sebuah chip DNA Evolv dengan power maksimum 60 watt, banyak menyebut chip dna60 ini merupakan awal mula berkembangnya chip DNA Evolv dengan custom profil via Evolv Escribe karena memang Escribe rilis beberapa bulan setelah DNA40. Sejatinya DNA60 juga merupakan penyempurnaan pendahulunya yakni DNA40, keduanya sama2 hanya support untuk 1 cell/single battery saja. Namun jika di bandingkan dengan DNA40 tentunya chip DNA60 lebih unggul, mau tau bedanya? simak perbedaan DNA40 dengan DNA60 di bawah ini

Kelebihan Kekurangan DNA60

  • Power maksimum 60 watt, sedikit unggul dari dna40 yang hanya 40 watt
  • OLED Screen 91 mili, lebih gede jadi lebih nyaman baca datanya.
  • DNA60 sudah di bekali fitur Reverse Polarity Protection, kemungkinan baterai overcharger atau bahkan meledak jadi lebih minim.
  • Sudah ada port mikro USB untuk konektivitas data ke PC atau charging (di sarankan menggunakan charger external)
  • DNA60 sudah support custom profil via Evolv Escribe.
  • Efisiensi DNA60 hanya 85% (gedean si DNA40)

3. Spesifikasi Chip DNA75 + Datasheet


Chip DNA75

DNA75 adalah chip DNA Evolv dengan power maksimum 75 watt, chip ini merupakan penyempurnaan dari DNA60 dengan beberapa penambahan fitur. DNA75 memiliki semua fitur yang ada pada DNA60, hanya saja pada DNA75 untuk beberapa vendor yang mengadopsi chip ini sudah di custom agar support 2 cell baterai. Pada DNA75 juga sudah ada peningkatan saat charging sehingga pengisian data jauh lebih cepat, penambahan lain ada juga pada tombol/button yang sudah waterproof. Beberapa produk mod yang mengadopsi chip DNA75 menggunakan dual baterai yakni Therion DNA75 dan Finder DNA75, keduanya cukup populer di kalangan vaper Indonesia.

Kelebihan Kekurangan DNA75

  • Memiliki semua fitur DNA60
  • Power watt lebih besar ketimbang DNA60 yakni 75 watt, rata2 vapers hanya vaping hingga 75 watt saja.
  • Untuk beberapa vendor custom chip DNA75 sudah support dual baterai, defaultnya hanya 1 baterai. 


4. Spesifikasi Chip DNA200 + Datasheet


Chip DNA200
DNA200 adalah chip dna Evolv dengan maksimum power 200 watt, chip ini bisa jadi berbeda generasi dengan DNA70. Dengan dukungan 2 atau 3 baterai Li-po, DNA200 mewakili generasi terbaru dari chip dna buatan Evolv. Fitur yang ada pada DNa75 sudah di sematkan di dalam chip ini, ditambah penyempurnaan modul dan akurasi fitur sebelumnya.

Kelebihan kekurangan DNA200

  • Power sangat besar, 200 watt bro
  • Support dual atau triple battery, daya baterai jadi tahan lama.
  • Efisiensi 97%
  • Integrasi A1 USB charger, pengisian daya lebih cepat.
  • Chip DNA200 di klaim termasuk kelas advance vapers
  • Custom profil lebih leluasa.

5. Spesifikasi Chip DNA250 + Datasheet



DNA250 adalah chip DNA seri paling update dengan power maksimal mancapai 250 watt dan efisiensi mencapai 97%. Dari sisi fitur tentunya chip dna250 lebih komplit di bandingkan versi sebelumnya, adapun yang paling menonjol yakni 2 amp balance charger. Pengisian daya di percaya lebih cepat dan maksimal tanpa harus takut baterai rusak atau bahkan meledak, btw chip ini butuh 3 cell baterai Li-po atau Li-ion.

Contoh produk mod yang sudah mengadopsi chip ini antara lain :


Kelebihan kekurangan DNA250

  • Power paling besar dari chip2 sebelumnya yaitu 250 watt.
  • Menggunakan 3 baterai sehingga daya tahan sangat awet.
  • Pengisian daya/charging jauh lebih aman dan cepat (faktor 2A balance charger)
  • DNA250 merupakan seri chip dari Evolv yang paling update.
  • Harga paling mahal dari chip Evolv lainnya :(

Manakah Chip Dna Terbaik?


Hampir semua review chip dna di youtube mengatakan setiap chip DNA pada dasarnya bagus, namun setiap serinya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Paling mendasar yakni pada power wattnya dan tentu berbanding lurus dengan harganya. Berbekal uraian diatas bisa kami simpulkan bahwasanya mod dengan chip DNA250 sebagai mod chip DNA terbaik.

Posting Komentar

0 Komentar