Cara Membuat Komik : Perencanaan dan LayOut Comic Anda

Dalam tutorial ini kita akan melihat proses balik menciptakan halaman komik. Kami akan fokus pada bagaimana Anda dapat memecah ide komik Anda ke dalam script visual, dan membuatnya mudah dan menyenangkan untuk membaca dengan menggunakan berbagai jenis panel dan perspektif.

Pada Adobe Illustrator kita dapat membuat alur kerja yang cepat dan fleksibel dengan menggunakan kliping masker untuk menciptakan panel komik kami, dan menu Effect untuk membuat panel bergelombang dalam waktu singkat.

1. Membuat Storyboard ( Alur Cerita )

Bila Anda memiliki karakter dan ide dari apa yang ingin Anda tahu, itu mungkin tergoda untuk hanya menyelam dan mulai menggambar. Jika Anda berhati-hati merencanakan cerita dan struktur komik, Anda akan menghindari gambar diri Anda ke jalan buntu.

Langkah 1

Sulit untuk membuat komik tanpa memiliki sesuatu untuk memberitahu, jadi langkah pertama adalah untuk datang dengan semacam rangkaian acara. Mendongeng merupakan bentuk seni seluruh semua sendiri dan saya tidak akan menyelidiki secara mendalam di sini, tapi Anda akan mendapatkan beberapa tips tentang bagaimana Anda dapat mengatur ide-ide Anda dan mengubahnya menjadi sebuah cerita visual.

Untuk contoh ini saya akan menggunakan saya sedikit karakter chef dari tutorial sebelumnya, untuk memberitahu pendek, semacam dagelan dari komik. Saya ingin menggambarkan dirinya sebagai karakter ceria tapi ceroboh, sehingga ia akan memiliki beberapa kecelakaan di dapur tetapi akan melakukan yang terbaik untuk mendapatkan semuanya bersama-sama.


Saya mulai dengan datang dengan daftar hal-hal yang bisa salah untuk dia, berpikir tentang bagaimana satu hal yang bisa mengarah ke yang lain. Untuk langkah ini saya hanya mencoret-coret sedikit dan menuliskan apa pun yang datang ke pikiran di atas kertas, tetapi jika mengetik digital bekerja lebih baik untuk Anda kemudian pergi ke depan dan menggunakan program menulis sebagai gantinya. Yang penting adalah bahwa Anda merasa nyaman dan hanya brainstorming ide-ide.

Langkah 2

Setelah Anda memiliki beberapa ide yang baik akan, mencoba untuk mengatur peristiwa sambil memikirkan laju cerita Anda. mondar-mandir yang berbeda bekerja untuk berbagai jenis cerita. Beberapa mungkin mulai dengan hook intens dan kemudian melambat. Jika Anda membuat cerita yang lebih panjang, ada banyak sumber daya online tentang bagaimana membangun sebuah cerita dengan model klasik untuk drama. Untuk cerita saya, itu akan memiliki awal yang damai tapi membangun hingga skenario kacau, satu hal yang tidak beres setelah yang lain.

Script Contoh

  • Tampilkan pengaturan dapur.
  • Tampilkan koki memasak.
  • Dia berfantasi tentang memenangkan hadiah.
  • Dia sengaja mengetuk sesuatu ke dalam makanan.
  • Dia pergi untuk mendapatkan sesuatu, gelembung makanan dan merokok.
  • Ketika ia kembali makanan merokok berat dan dia terkejut.
  • Dia mengambil panci dan melarikan diri dengan itu.


Untuk tutorial ini saya hanya akan menutupi halaman pertama dari komik. Meskipun singkat dan sederhana, saya masih menulis naskah untuk diriku sendiri. Ini tidak perlu menjadi sesuatu yang mewah, dan dapat sebenarnya hanya terdiri dari daftar tindakan. Saya masih meluangkan waktu untuk menuliskannya, meskipun, untuk mengklarifikasi apa yang saya benar-benar akan menggambar.

Langkah 3

Memiliki naskah yang ditulis, namun sederhana, akan menjadi referensi yang berguna untuk langkah berikutnya. Sekarang kita telah ditulis semua tindakan yang kita butuhkan, saatnya untuk mengubah kata-kata menjadi gambar. Mencoba menggambar tindakan dari naskah Anda menggunakan tongkat angka sederhana. Jangan khawatir tentang membuat terlihat baik-apa yang penting adalah bahwa cerita Anda dapat dipahami dalam gambar hanya serta dalam bentuk tertulis.


Pada tahap ini sering menjadi jelas jika Anda telah melewatkan beberapa detail yang diperlukan dalam script, atau jika sesuatu yang hanya bekerja dalam teks dan tidak secara visual. Script bukan hukum, sehingga merasa bebas untuk pergi bolak-balik antara sketsa dan menulis untuk menyesuaikan apa yang tidak merasa benar. Saya ingin menuliskan banyak dalam fase ini dan menambahkan komentar di samping.

Biasanya saya membuat halaman storyboard sangat kecil. Jika saya memiliki banyak halaman untuk lay out, itu memberi saya gambaran yang baik. Sebagian orang memilih untuk melakukan storyboard mereka dalam ukuran komik selesai. Anda mungkin ingin mencoba seperti itu juga, untuk melihat apa yang terbaik untuk Anda.

2. Memilih Jenis Kanan di Panel

Setelah kita tahu bagaimana cerita kita pergi, mari kita lebih fokus pada tampilan dan nuansa yang kita ingin memiliki. Komik datang dalam berbagai format, dari strip koran komik dan novel grafis untuk komik secara online bergulir hampir tanpa henti. Untuk komik saya, saya akan pergi untuk sesuatu yang sedikit lebih lama dari komik strip, tapi mungkin tidak akan membutuhkan lebih dari beberapa halaman. Halaman vertikal atau horisontal adalah pilihan sama-sama baik-baik saja, tapi saya akan menggunakan vertikal.

Langkah 1

Di seluruh dunia ada gaya yang berbeda dari komik, tidak hanya di gambar tapi di layout juga. Ruang kosong antara panel komik yang sering disebut sebagai 'selokan', yang sering digunakan dalam komik Barat. Memiliki satu atau beberapa panel tanpa talang menciptakan berbagai jenis tata letak, yang sering digunakan dalam komik Jepang (manga).

Bentuk panel komik dapat bervariasi banyak juga. Ini tidak harus menjadi kotak biasa dan persegi panjang. Memiliki melingkar, bintang berbentuk, atau panel bergelombang dapat memberikan perasaan yang berbeda atau memberikan informasi kepada pembaca. Misalnya, panel bergelombang sering digunakan sebagai cara untuk mengatakan bahwa apa yang terjadi di dalam panel adalah fantasi, mimpi atau memori, dan bukan bagian dari narasi ini.


Juga ukuran panel dapat mengubah suasana komik. Memiliki panel yang sangat panjang dengan banyak ruang dapat membuat kecepatan merasa lambat. Memiliki beberapa panel kecil di samping satu sama lain bisa membuatnya merasa seolah-olah hal-hal yang terjadi dengan cepat.

Langkah 2


Ketika menggambar isi dalam bingkai, menganggapnya sebagai jika Anda seorang operator kamera. Tergantung pada sudut kamera syuting, apa yang ada di frame akan terlihat dengan cara tertentu. Menjaga kamera pada sudut yang rendah disebut pandangan mata cacing dan sering digunakan untuk membuat karakter tampak kuat. Sudut dari atas disebut pandangan mata burung. Menggunakan itu membuat karakter terlihat lebih kecil dan lebih rentan.



Ada ungkapan yang disebut "berbicara kepala" untuk komik di mana karakter berbicara banyak dan panel hanya pada dasarnya itu, berbicara kepala. Untuk komik Strip tidak biasa untuk panel terlihat sangat mirip, dengan hanya satu atau dua karakter berbicara.

Ketika membuat komik narasi-terfokus lagi mungkin baik untuk memindahkan "kamera" di sekitar sedikit lebih. Close-up, tembakan tubuh penuh dan menggunakan pandangan mata burung / worm dapat mengubah hal-hal banyak, bahkan jika itu hanya dua karakter berbicara satu sama lain.


Langkah 3

Tidak peduli apa jenis komik yang Anda buat, kejelasan adalah kunci. pembaca tidak harus bingung tentang di mana memesan panel harus dibaca atau apa yang terjadi. Saat Anda melakukan ingin memvariasikan sudut, Anda tidak ingin membingungkan pembaca di mana karakter berbicara dan dari mana kita melihat.



Sebuah alat besar di sini adalah "180 derajat aturan". Hal ini sering diajarkan dalam teori Film, tetapi dapat diterapkan untuk komik sama dengan baik. Ini adalah garis khayal bahwa kamera tidak akan menyeberang. Dengan cara itu kamera bisa bergerak dari satu sisi ke sisi berikutnya tanpa kita kehilangan jejak yang karakter yang. karakter yang tersisa akan muncul di sisi kiri setiap kali, bahkan jika kamera berada di depan atau di belakang mereka.


Sementara ini disebut aturan, itu tidak berarti bahwa tidak pernah dapat rusak. Melihatnya lebih sebagai alat untuk membantu Anda dan bukan sesuatu yang Anda selalu harus mengikuti.

3. Menggunakan Kliping Masker untuk Panel Comic

Saya telah membuat sketsa untuk halaman komik, dan sekarang saatnya untuk memulai dengan tata letak benar. Bahkan setelah perencanaan bagaimana Anda ingin tata letak komik Anda, ketika menggambar untuk nyata Anda masih mungkin ingin mengubah hal. Untuk ini, cara yang baik untuk menjaga alur kerja Anda fleksibel bekerja dengan kliping masker. Di sini saya akan memandu Anda melalui cara kliping masker bekerja di Adobe Illustrator, dan bagaimana mereka dapat digunakan saat membuat komik.


Langkah 1

Aku mulai dengan membuka dokumen baru di Illustrator, dengan ukuran A4 yang telah ditetapkan. Dari menu File saya memilih tempat untuk mengimpor sketsa saya ke Artboard tersebut. Anda mungkin melihat besar bentuk X di atas gambar. Hal ini untuk menunjukkan bahwa gambar terkait tapi tidak tertanam dalam dokumen. Itu berarti bahwa jika Anda harus memindahkan file sumber gambar, Illustrator tidak dapat memuat gambar.


Langkah 2

Tepat di bawah menu atas Anda dapat menemukan beberapa tombol pilihan untuk gambar yang diimpor. Jika Anda klik tombol Embed, Illustrator akan membuat gambar bagian dari dokumen. Hal ini meningkatkan ukuran dokumen sedikit, tapi untuk proyek-proyek lama sangat berguna.


Langkah 3

Menggunakan Rectangle Tool saya menempatkan halaman dan panel sebagai penampung. Saya memilih tidak mengisi dan stroke berwarna biru. biru adalah untuk memisahkan panel lebih mudah ketika saya mulai tinta.


Langkah 4

Karena saya memiliki sketsa untuk mengikuti, saya hanya bisa menyelam ke tinta bagaimana saya merasa seperti. Panel ini dengan ekspresi kaget tampaknya menyenangkan jadi aku pergi di itu pertama. Menggunakan Brush Tool, saya mengimpor kuas tinta saya dari tutorial saya sebelumnya, dan mulai tinta dengan panjang, stroke hidup. Karena kita akan menggunakan masker kliping, tidak masalah jika garis tumpang tindih perbatasan. Hal ini membuat tinta lebih mudah dan lebih menyenangkan, karena itu berarti kurang kendala.


Langkah 5

Setelah tinta dilakukan saya pilih semua jalur vektor konten panel, tidak termasuk perbatasan bingkai. Lalu aku kelompok mereka dengan menekan Command-G. Saya membatalkan pilihan, baik dengan menekan Command-Shift-A atau dengan meninggalkan mengklik suatu tempat di luar seleksi.

Batas bingkai akan topeng kliping kami, tapi kami juga ingin bingkai untuk menunjukkan sebagai stroke hitam. Sejak kliping masker transparan, stroke hitam frame ini tidak akan terlihat. Oleh karena itu kita akan memilih frame dengan sendirinya dan membuat salinan dengan menekan Command-C.


Langkah 6

Dari sini kita menambahkan kelompok konten panel seleksi. Dengan segala sesuatu yang dipilih, kita klik kanan dan pilih Make Kliping Mask dari menu dropdown.


Langkah 7

Dari sini kita sisipkan perbatasan bingkai kami membuat salinan sebelumnya, dengan menekan Command-F. Ini pasta perbatasan frame di atas segalanya dan kami memiliki panel selesai.


Langkah 8

Apa yang benar-benar rapi adalah bagaimana Anda dapat memodifikasi panel komik cukup mudah dengan menggunakan kliping masker seperti ini. Dengan Direct Selection Tool, drag-pilih salah satu jangkar poin dari topeng.


Drag-memilih memastikan bahwa Anda memilih kedua topeng kliping transparan dan perbatasan bingkai hitam pada waktu yang sama. Sekarang Anda dapat menyeret jangkar poin untuk mengubah tampilan frame. Bagian tersembunyi dari panel bertinta akan menunjukkan sesuai.

Langkah 9

Sekarang kita coba panel lain. satu ini memiliki perbatasan bergelombang untuk menunjukkan bahwa itu adalah fantasi yang terjadi. Dengan Illustrator ada cara mudah untuk mencapai efek ini. Mulailah dengan memiliki bentuk persegi panjang pada awalnya. Menambahkan beberapa jangkar poin untuk setiap sisi. Saya menambahkan lima di setiap sisi panjang dan dua di setiap sisi pendek.


Langkah 10

Walaupun memiliki persegi panjang yang dipilih, pergi ke Efek> Distort & Transform> Zig Zag.


Dari sini Anda akan mencapai menu pilihan. Anda bisa bermain-main dengan pengaturan untuk hasil yang berbeda. Ini adalah pengaturan saya memilih untuk panel saya.


Dan ini adalah hasilnya. Perhatikan bagaimana jalan vektor masih memiliki bentuk persegi panjang. Jika Anda ingin memanipulasi bentuk panel yang lebih, dapat berguna untuk hanya memiliki beberapa poin jangkar untuk bekerja dengan.


Langkah 11

Untuk menggunakan bentuk bergelombang sebagai masker kliping, kita perlu mengaktifkan efek yang kita buat ke jalan vektor. Kami melakukan ini dengan memilih Object dari menu atas, kemudian akan Expand Appearance sementara memiliki panel masih dipilih.


Sekarang kita memiliki jalur vektor bergelombang bisa kita gunakan sebagai masker kliping.


Langkah 12

Waktu untuk tinta lagi! Sama seperti terakhir kali, jangan ragu untuk tinta tanpa berpikir tentang tinggal di dalam perbatasan. Ketika Anda selesai, kelompok segala sesuatu di dalam panel bersama-sama dengan Command-G, atau klik kanan dan pilih Group dari menu dropdown.

Membuat salinan dari perbatasan bingkai untuk menyisipkan di atas kemudian. Kemudian pilih kedua kelompok konten dan perbatasan bingkai. Untuk membuat masker kliping, klik kanan dan pilih Make Clipping Mask. Anda juga dapat menekan Command-7 untuk hasil yang sama.




Langkah 13

Top panel off dengan menyisipkan perbatasan frame disalin di atas segalanya dengan Command-F. Anda akan melihat bahwa sekali Anda telah membuat kliping topeng, seluruh panel menjadi seperti objek baru. Stroke individu gambarnya tidak dapat dipilih kecuali jika Anda menggunakan Direct Selection Tool.


Mengklik dua objek dengan menggunakan kliping masker akan membawa Anda di dalamnya. Di sini Anda memiliki akses penuh untuk mengubah karya seni lagi. Sebagai contoh, saya berpikir bahwa garis yang agak terlalu tebal di panel ini, jadi aku hanya mengklik ganda kliping topeng, yang dipilih kelompok karya seni dan menurunkan berat badan stroke sedikit dari panel Stroke.



Langkah 14


Panel ini menggunakan topeng kliping persegi, tapi saya berubah pikiran dan ingin menjadi panel terisolasi. Saya ingin memiliki karakter tumpang tindih panel fantasi di atas sedikit. Saya pikir ini akan membuatnya lebih jelas bahwa dia melamun.


Pilih masker kliping dengan Direct Selection Tool. Mulai menambahkan poin dengan Pen Tool di mana Anda ingin mengubah clipping mask.


Dengan cara ini Anda dapat menyimpan membentuk topeng namun Anda suka. Karena kita hanya bekerja dengan garis-garis dan warna tidak putih, panel ini dan satu di atas mengganggu. Untuk membuat karakter kita tumpang tindih panel di atas, kita perlu mengubah kliping yang panel masker sedikit juga.


Anda dapat memodifikasi kliping masker dengan menggunakan Direct Selection Tool langsung, seperti dalam contoh sebelumnya. Cara lain adalah dengan double-klik objek, yang akan membawa Anda ke sebuah Clip terisolasi Group. Di sini Anda dapat memodifikasi topeng tanpa khawatir tentang mempengaruhi karya seni dari panel lainnya.

Kesimpulan

Dalam tutorial ini kita sudah lebih dari beberapa teknik yang umum digunakan dalam komik, seperti aturan 180 derajat dan melihat mata burung dan cacing, agar terlihat lebih menarik.

Menggunakan berbagai jenis panel, kita dapat memberikan perasaan yang berbeda untuk komik kami, dan bekerja di Illustrator memberikan kita kesempatan untuk menggunakan masker kliping yang kita dapat memodifikasi sesuai dengan keinginan kita.


Meskipun tidak ada aturan ditetapkan dalam komik, itu bisa menyenangkan untuk memiliki beberapa bersandar pada di awal. Ketika Anda terus membuat komik, Anda akan melihat bahwa banyak yang trial and error, tetapi juga bahwa beberapa teknik yang umum karena suatu alasan.

Contoh hasil jadi

Catatan : Artikel ini ditranslate ke bahasa indonesia dari design.tutsplus.com penulis aslinya Sara Berntsson dan gambar bukan dari excation info, berhubungan admin blog ini ingin membuat comic, admin hanya ingin sharing dan untuk perbaikan artikel dan gambar original dari excation.info akan dilanjutkan dikemudian hari.

Posting Komentar

0 Komentar