Apa dan Maksud OM TELOLET OM ?

Apa sih itu Telolet?

Telolet adalah aktivitas iseng atau permainan anak-anak yang merekam suara klakson mobil bus, oplet, truk di daerah Jepara. Disana saat siang atau sore hari anak-anak kecil sepulang sekolah berdiri di pinggir jalan lalu berteriak "Om Telolet Om" (ada juga yang memegang kertas bertuliskan "Om! Telolet"). Teriakan itu ditujukan kepada pengemudi bus yang melintas di jalan raya agar si supir bus mau membunyikan klakson busnya.


Subjek "Om" adalah si om supir bus. Sedangkan "Telolet" itu seperti menirukan suara klakson yang berbunyi tolelot tolelet telotet (yah seperti itulah). Singkatnya, "Om telolet om" adalah seruan yang diucapkan oleh anak-anak kecil yang ditujukan kepada pengemudi bis agar sang pengemudi membunyikan bel / klakson.

Demi mendapatkan bunyi khas klakson 'telolet' dibunyikan oleh sopir bus yang melewat, mereka berteriak kepada sopir, 'Om telolet Om'. Ada juga yang hanya berdiri di pinggir jalan memegang kertas bertuliskan 'Om telolet om'.

Percakapan ini kemudian menjadi viral, bahkan menarik perhatian sejumlah DJ luar negeri seperti DJ Snake, Dillon Francis, Zedd dan Chainsmoker. Tanpa tahu maksudnya, mereka memposting tweet telolet.


Posting Komentar

0 Komentar