Membuat Database MySQL

Membuat database MySQL
Membuat database MySQL
Membuat database MySQL - Operasi Dasar Database dengan phpMyadmin.
phpMyadmin adalah sebuah aplikasi untuk mengelola database MySQL berbasis web dengan adanya phpMyadmin, pengguna tidak lagi menghafal kode-kode DDL (Data definition languaage) pada MySQL phpMyadmin dijalankan dibrowse dengan mengetik http://localhost/phpmyadmin pada browser, maka akan tampil halaman utama phpMyAdim seperti gambar berikut.

database mysql
untuk membuat database pada phpMyadmin isikan nama database pada bagian Create mew databse, kemudian klik tombol Create. Harap diperhatikan nama database sebaiknya tidak mengandung kareakter unik (",$,% dsb) dan tidak boleh mengandung spas. apa bila inngin memberi jarak antara dua buah kata, anda boleh menggunakan underscore "_" atau menggunakan huruf besar pada awal kata kedua misalnya databaseMahasiswa.

Setelah mengklik tombol Create maka anda akan menentukan tulisan databaseMahasiswa di freme sebelah kiri yang menandakan database telah dicipta lihat gambar berikut.

database phpMyadmin

Membuat Tabel 
untuk membuat tabel pada phpMyadmin, pastikan pastikan anda telah membuat database dan telah memilih database tersebut. untuk memastikan hal tersebut anda dapat melihat panel sebelah kiri. untuk membuat sebuah tabel, isikan nama tabel berserta jumlah feild yang di inginkan, kemudian klik tombol Go ( Lihat gambar berikut.
database phpMyadmin
pada gambar diatas dapat dilihat memiliki 5 buah kotak isian sebagi tempat memasukan nama feild, tipe data, panjang data serta dengan kunci Primary-nya. setelah mengisi feild klik tombol save untuk menyimpannya maka sekarang didalam databaseMahasiswa sudah mempunyai satu tabel bernama mahasiswa lihat gambar berikut.

databasse MySQL
selesai kita membuat database MySQL dan tabelnya, selanjutnya bagaimana cara untuk memasukan data kedalam tabel. untuk apa kita masukan data kedalam tabel bukannya membutuhkan form input untuk memasukan data tersebut. Terkadang kita perlu untuk melakukan set nilai awal pada sebuah tabel dalam database miasalnya data super admi. oleh karena itu untuk menambah sebuah data pada tebel, klik tab Insert pada phpMyadmin kemudian isikanlah beberapa data pada bagian value sesuaikan dengan tipe data dari feild tersebut contoh lihat gambar dibawah ini.

database phpMyadmin
kalau sudah selesai klik tombol go seperti yang dilingkari di gambar diatas untuk menyimpannya. untuk melihat data yang sudah dimasukan, klik tab browse maka akan tampil hasilnya pengisian data dalam bentuk tabel seperti gambar berikut.

create database mysql di phpMyadmin
selesai sudah kita membuat database membuat tabel serta menginsert data memalui database phpMyadmin. mudah mudahan bisa memberikan sedikit bantuan bagi anda yang membutuhkannnya. jika anda belum memiliki server localhost anda bisa mendownloadnya disini. lihat cara instalasinya pada video dibawah ini.

Video cara instalasi server localhost.


Posting Komentar

0 Komentar