KOMUNIKASI DAN JENIS KOMUNIKASI

Komunikasi
Komunikasi adalah suatu proses penyampaian pesan dari satu pihak ke pihak lainnya. Komunikasi secara umum yang dipakai adalah secara verbal tetapi jika secara verbal tidak bisa maka akan dipakai gerak tubuh ataupun menunjukkan sikap tertentu kepada penerima pesan.

Jenis dan Proses Komunikasi
Dalam jenis komunikasi  ada 6, yaitu :
1.    Intrapribadi
komunikasi ini dimaksudkan berbicara pada diri sendiri (read: berpikir)
2.    Antarpribadi
komunikasi ini dilakukan secara tatap muka antar 2 individu.
3.    Kelompok kecil
komunikasi ini dilakukan oleh sekelompok kecil individu yang menjadi tujuan bersama.
4.    Publik
komunikasi ini dilakukan kepada khalayak ramai yang tidak bisa dikenali satu persatu.
5.    Organisasi
komunikasi ini terjadi pada organisasi yang bersifat formal ataupun informal.
6.    Komunikasi massa
komunikasi ini dilakukan dengan media cetak ataupun elektronik untuk menyampaikan maksud pengirim kepada khalayak yang lebih luas.
Dalam prosesnya ada 2 aktor yang terlibat yaitu sender (pengirim) dan receiver (penerima) dimana dua aktor ini saling mengirim pesan dan menerima pesan dari satu ke yang lainyya untuk menerima dan mengirim informasi.

Komunikasi Efektif
Dalam komunikasi efektif dimana sang pengirim dapat menyampaikan hal yang dimaksud kepada penerima dengan jelas agar penerima memahami maksud yang jelas dari si penerima.

Implikasi Manajerial
Implikasi manajerial adalah bagaimana meningkatkan produktifitas dengan cara meningkatkan kapasitas, kualitas, efisiensi dan efektivitas dari sumber daya yang ada. implikasi manajerial yang muncul dari organisasi tanpa pembatas (borderless) Tipe organisasi transnasional/tanpa batas memakai pengaturan yang mengeliminasi atau menghapus halangan geografis artitisial.Para manajer memilih pendekatan ini dalam rangka meningkatkan efisiensi dan efektivitas di pasar global yang kompetitif.Implikasi yang dirasakan oleh para pihak manajer adalah bagaimana mereka bisa mengembangkan produk yang diproduksi di negara lain,dengan baik dengan cara memanfaatkan sumber daya alam dan manusia yang ada pada negara ttersebut.Jadi struktur organisasi manajerial tidak akan berpusat pada satu organisasi manajerial namun harus mencakup seluruh struktur organisasi manajerial di seluruh negara dimana perusahaan itu berada.

Posting Komentar

0 Komentar