Cara Membuat Gambar ICO (favicon) Mudah Dengan GIMP

Gambar dengan extensi file (.ico) atau umum disebut favicon ini biasanya digunakan oleh para blogger maupun wapper sebagai ikon untuk situs mereka supaya berbeda dengan yang lain. Selain itu,file gambar (.ico) ini juga digunakan sebagai logo sebuah software computer atau laptop.

Untuk merubah extensi file dari sebuah gambar dapat dilakukan dengan berbagai cara,baik itu online maupun offline. Kali ini saya juga akan membuatkan cara yang berbeda,yaitu dengan menggunakan bantuan software editing foto yaitu GIMP.

GIMP adalah sebuah perangkat lunak sederhana yang di desain menyerupai Photoshop yang dapat kalian gunakan secara gratis,mudah dan simpel. Saya sudah membuatkan banyak tutorial pada situs saya yang satunya,silahkan buka pada Tutorial GIMP. Dengan GIMP kita bisa membuat dan mengedit gambar sesuai keinginan kita.

Nah,untuk merubah extensi file gambar menjadi (.ico) jika sebelumnya berupa file (.png,.jpeg, .jpg) dan sebagainya,silahkan masukkan file gambar tersebut kedalam halaman editing GIMP.Caranya bisa menggunakan menu File-Open atau langsung Tarik file gambar kedalam GIMP. Sebagai contohnya seperti ini.
Cara Membuat Gambar ICO (favicon) Mudah Dengan GIMP

Karena kita hanya mau merubah extensi file gambar menjadi favicon (.ico),maka kita tedak perlu lagi mengedit gambar atau logo tersebut.Selanjutnya klik menu File-Export As  seperti berikut.
Cara Membuat Gambar ICO (favicon) Mudah Dengan GIMP

Nanti akan diarahkan menuju halaman penyimpanan,kemudian rubah extensi file-nya menjadi (.ico) kemudian rubah juga pada Tipe File sebelum kalian simpan,perhatikan petunjuk berikut.
Cara Membuat Gambar ICO (favicon) Mudah Dengan GIMP

Setelah Anda klik Export maka akan diarahkan menuju halaman berikutnya seperti ini.
Cara Membuat Gambar ICO (favicon) Mudah Dengan GIMP

Pada tahap ini kalian bisa mencentang pada bagian Compressed (PNG) jika file favicon yang dihasilkan cukup besar. Sampai disini tugas kita sudah selesai dalam membuat atau merubah extensi file gambar menjadi favicon (.ico).Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Posting Komentar

0 Komentar