Senin, 29 Agustus 2016

Mengambil screenshot atau screen capture merupakan sebuah proses menangkap tampilan layar (screen) untuk kita simpan menjadi file gambar.Cara seperti ini bisa dilakukan dengan menggunakan Handphone maupun Laptop.Dulu saya sudah pernah membahas tentang Cara Mengambil Screenshot PadaLapto Hp 6510b jadul saya yang dulu,tapi laptop tersebut sudah saya jual dan menggantinya dengan Lenovo G470 yang harga pelajar.

Laptop yang saya gunakan ini masih menggunakan system operasi standart yaitu Windows 7 yang kemungkinan masih sama prosesnya untuk mengambil screenshot pada laptop merk dan tipe yang lainnya. Tulisan ini hanya untuk pembahasan bagi yang masih belajar menggunakan laptop saja ya,yang sudah mahir silahkan baca yang lainnya :D .

Untuk mengambil screenshot pada laptop Lenovo g470 caranya cukup mudah sekali.Ada 2 cara yang bisa kita gunakan,saya akan uraikan semuanya,jadi silahkan kalian pilih yang sekiranya mudah dan simple saja.

1.Tahap awal,setelah kalian berada pada tampilan layar yang sekiranya mau Anda simpan (mungkin berupa gambar,foto orang,status orang dll).Sebagai contoh saya mau mengambil screenshot halaman depan blog ini.Silahkan tekan tombol PrtSc/SysRq pada keyboard sebelah kanan atas disamping tombol Delete.

2.Kemudian Klik pada Start-Paint (jika tidak ada paint,silahkan tuliskan pada bagian search program and files).Maka nanti akan terbuka,lalu klik pada menu Paste.

3.Sekarang lihat,jadi to?,selanjutnya bisa kalian ambil bagian tertentu (lalu klik crop) dengan menggunakan menu yang saya kasih tanda seperti gambar dibawah.

4.Anda bisa menambahkan Teks (tulisan) pada gambar hasil screenshot tersebut.Jika sudah, jangan lupa simpan dulu,caranya klik logo simpan yang terdapat pada menu pojok kiri atas.

Itu adalah cara pertama untuk mengambil screenshot pada laptop Lenovo g470.Sekarang langkah keduanya juga hamper sama,tapi menggunakan metode yang berbeda,yaitu sebagai berikut.
1.Langkah pertama setelah Anda menemukan sesuatu dari kegiatan online yang ingin Anda simpan menjadi file gambar,kemudian cari tools yang bernama Snipping Tool (jika tidak ketemu bisa kalian cari pada Accessories yang terletak pada menu Start-All Program-Accessories.

2.Klik pada Snipping Tool maka halaman layar laptop Anda akan menjadi seperti ini.

3.Selanjutnya tinggal Anda pilih bagian yang ingin kalian simpan dengan cara cropping (klik kiri dan tahan lalu lepaskan pada bagian yang ingin kalian ambil screenshotnya.Sebagai contoh adalah seperti ini.

4.Langkah terakhir tinggal kalian simpan hasilnya,tapi sebelumnya juga bisa kalian modifikasi (edit) terlebih dahulu.

Nah itu tadi caranya untuk mengambil screenshot atau screen capture pada laptop Lenovo g470.Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

0 Comments:

Posting Komentar

-Berkomentarlah yang baik dan rapi.
-Menggunakan link aktif akan dihapus.