Belajar Menginstal Windows 10 Di VirtualBox

GUDANGILMUKOMPUTER.com - Menginstal ulang sistem operasi merupakan sebuah keahlian yang harus dimiliki oleh seorang teknisi komputer. Ini merupakan salah satu ilmu yang sangat penting di dunia komputer. Sebenarnya menginstal ulang sistem operasi ini lumayan gampang, hanya saja ada sebagian orang yang masih belum bisa menginstal ulang sistem operasi di komputernya sendiri. Menginstal sistem operasi ini juga harus hati-hati, karena apabila terjadi kesalahan maka akan menyebabkan data-data yang ada dikomputer menjadi hilang.

Nah, sebelum kamu benar-benar mempraktekkan menginstal ulang pada komputer kamu, akan lebih baik jika mempraktekkannya pada aplikasi Virtualbox. Kamu bisa belajar terlebih dahulu dengan menggunakan aplikasi ini, sebelum akhirnya benar-benar melakukan instalasi pada komputer kamu. Virtualbox merupakan sebuah aplikasi virtual yang dapat menjalankan beberapa sistem operasi sekaligus dalam waktu yang bersamaan.

Aplikasi ini tentunya dapat membantu teman-teman yang ingin belajar menginstal ulang sistem operasi. Setelah sistem operasi terinstal di virtualbox, maka sistem operasi itu akan dapat digunakan sebagaimana mestinya. Nah, kali ini kita akan mempraktekkan bagaimana cara menginstal ulang sistem operasi windows 10. Lalu apa saja persiapannya? Berikut beberapa hal yang harus dipersiapkan :

1. Aplikasi VirtualBox.
Download aplikasi VirtualBox. Untuk tutorial menginstal virtualbox ada pada artikel Pengertian Dan Cara Menginstal Oracle VM VirtualBox.

2. File ISO Windows 10.
Untuk mendapatkan file ISO windows 10 bisa dengan cara di download dengan mengikuti tahapan pada artikel Cara Download File ISO Windows Dan Microsoft Office Original Dari Microsoft.

Menginstal Windows 10 Di VirtualBox
1. Buka aplikasi virtualbox. Maka akan muncul halaman utama virtualbox seperti pada gambar di bawah ini. Selanjutnya klik tombol Baru.
Belajar Menginstal Windows 10 Di VirtualBox

2. Kemudian akan muncul layar kerja baru seperti pada gambar di bawah ini. Yang harus kamu lakukan pada tahap ini adalah membuat nama file penyimpanan virtualbox, memilih type sistem operasi yang akan diinstal dan memilih versi sistem operasi berapa yang akan diinstal.
Belajar Menginstal Windows 10 Di VirtualBox

Pada kotak Name isikan nama file virtualbox yang nantinya akan disimpan. Diisikan sesuai dengan keinginan teman-teman saja, bebas kok yang penting mudah diingat. Pada tutorial kali ini kami beri nama Windows 10.
Belajar Menginstal Windows 10 Di VirtualBox

Pada kotak pilihan Type pilih Microsoft Windows.
Belajar Menginstal Windows 10 Di VirtualBox

Pada kotak pilihan Versi pilih Windows 10 (32 bit atau 64 bit). Bebas memilih antara 32 bit atau 64 bit, sesuaikan saja dengan file ISO yang kamu miliki. Untuk tutorial ini kami menggunakan windows 10 yang 64 bit.
Belajar Menginstal Windows 10 Di VirtualBox

3. Setelah semuanya diisi dan dipilih dengan benar, selanjutnya klik tombol Lanjut.
Belajar Menginstal Windows 10 Di VirtualBox

4. Yang harus dilakukan selanjutnya adalah mengalokasikan berapa ukuran memori (RAM) yang digunakan untuk menjalankan aplikasi virtual ini. Sebaiknya menggunakan setengah dari ukuran RAM komputer kamu. Untuk keterangan lebih jelasnya sudah ada pada gambar di bawah ini.
Belajar Menginstal Windows 10 Di VirtualBox

5. Setelah menentukan ukuran memori (RAM) yang akan digunakan untuk menjalankan aplikasi virtual ini, klik tombol Lanjut.
Belajar Menginstal Windows 10 Di VirtualBox

Baca selengkapnya �

Posting Komentar

0 Komentar