Jumat, 24 Juni 2016


Rooting android pada dasarnya membuat hak akses pada android yang lebih mendalam. Root adalah kondisi dimana user dapat mengubah atau memanipulasi sebuah file atau sistem melebihi user biasa. Biasanya vendor smartphone tidak menyarakan user untuk melakukan root pada produk-produk keluarannya dikarenakan ada banyak resiko yang mungkin dapat terjadi jika tidak mengerti secara mendalam. 

Berbeda dengan Xiaomi yang mendukung user untuk melakukan root pada smartphone-nya dengan menanamkan fitur root sehingga user dengan mudah menggunakannya. Namun, apa saja sih keuntungan dari root tersebut? berikut ini adalah beberapa keuntungan yang didapat setelah user melakukannya.

1.Dapat Menghapus Bloatware (aplikasi bawaan android)
     Pasti pernah merasa kesal ketika ingin menginstal aplikasi dari Google Play Store namun penyimpanan  telah penuh? namun setelah ditelusur lebih jauh ternyata penyebabnya ada di aplikasi bawaan yang memakan banyak tempat dan aplikasi bawaan itu tidak dapat dihapus sama sekali. Berbeda dengan android yang telah di root, mereka dapat dengan mudah menghaus aplikasi bawaan yang tiadak penting atau jarang dipakai oleh user,sehingga membuat space memori lebih lega untuk menginstal aplikasi yang lebih berguna.

2.Dapat menggunakan Custom ROM
     Beberapa dari user android terkadang mudah bosan dengan tampilan bawaan dari vendor smartphone-nya, Mereka pasti berpikir untuk mengganti dengan theme yang ada pada playstore atau tema yang telah disediakan, tetapi dalam root ,tampilan sistem operasi android pun dapat kita ubah sesuai dengan keinginan. Ada dari situs seperti Forum xda yang menyediakan custom rom yang berarti memodifikasi secara total sistem operasi.

3.Lebih Fleksibel dengan penggunaan
     Mungkin user android bingung dengan penggunaan baterai yang sangat boros ketika telah melakukan penginstalan aplikasi yang banyak termasuk sosial media yang sangat menghabiskan baterai. Namun ketika android sudah di root anda dapat mengatur intensitas aplikasi dan juga kapan waktu mereka aktif dengan aplikasi greenify. Selain itu, anda juga dengan mudah menginstal aplikasi-aplikasi yang membutuhkan hak akses root yang tentunya berguna bagi smartphone

Itulah beberapa keuntungan secara garis besar yang dapat kita peroleh setelah melakukan rooting pada smartphone android yang kita miliki. Sangat menguntungkan bukan?

0 Comments:

Posting Komentar

-Berkomentarlah yang baik dan rapi.
-Menggunakan link aktif akan dihapus.